Masuk Peringkat TOP 100 BPR 2022, BPR LPM Siap Kembangkan Jaringan Baru

220426124108-masuk.jpg

(Foto : Agus Hermawan)

JAVANEWS | BANDUNG,- BPR Lexi Pratama Mandiri atau BPR LPM masuk pada peringkat BPR yang memiliki kinerja sangat baik dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Point tersebut ditandai dengan masuknya BPR LPM pada peringkat 49 event "Top 100 BPR (2022)" versi majalah digital The Finance.

Terbitan The Finance edisi No.IX Mei 2022 Vol.V. menyebutkan BPR LPM masuk nominasi Top 100 BPR tahun 2022 pada kategori BPR beraset Rp 35 miliar sampai dengan dibawah Rp 100 miliar.

The Finance menyatakan, bahwa BPR yang masuk pada Top 100 BPR (2022) sangat luar biasa. Terlebih dunia perbankan sempat diguncangkan dengan pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Saat ini Pandemi Covid-19 masih menjadi tantangan besar bagi perekonomian global dan domestik. Meski tanda-tanda pemulihan sudah terlihat di berbagai aspek, pandemi masih belum hilang sepenuhnya. Tetap dibutuhkan kewaspadaan untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan terburuk.

Meski demikian, harus diakui bahwa pandemi memberi dampak yang serius bagi perekonomian Indonesia. Efek dominonya, ada sebagian debitur perbankan yang mengalami kesulitan membayar angsuran kredit, termasuk debitur BPR. Ujung-ujungnya, profitabilitas industri BPR mengalami tekanan, terutama di 2020. Begitu juga dengan kualitas kredit, mengalami penurunan. Hal itu tercermin dari non performing loan (NPL) yang meningkat, melewati 7% di 2020.

Namun, pada 2021 kondisinya lebih baik ketimbang 2020. Industri BPR mampu tumbuh lebih baik daripada tahun sebelumnya. Fungsi intermediasi berjalan makin baik, profitabilitas dan kualitas kredit pun kian sehat. Sementara, untuk tahun ini, banyak yang memperkirakan kondisinya akan makin membaik dari dua tahun sebelumnya.

Sebagai bentuk apresiasi kepada BPR-BPR yang berhasil tumbuh, The Finance (versi majalah digital) kembali menerbitkan laporan “Top 100 BPR (2022)”. Laporan ini menyuguhkan BPR-BPR yang mampu tumbuh pesat dalam tiga tahun terakhir.

Terkait itu, Direktur Utama BPR LPM Ade Supriatna mengapresiasi laporan "Top 100 BPR (2022) dari majalah digital The Finance tersebut. Dengan masuknya BPR LPM sebagai salah satu BPR yang masuk pada Top 100 BPR ditahun 2022 tentunya itu menunjukan kinerja bisnis BPR LPM yang sangat baik.

"Kita sangat mengapresiasi. Masuknya BPR LPM pada peringkat laporan Top 100 BPR (2022) tersebut tentunya pencapaian yang luar biasa. Itu menunjukan bahwa BPR LPM sangat sehat dan baik," jelas Ade kepada javanews.tv, Selasa (26/4/2022).

Menurutnya pencapaian tersebut sangat luar biasa, terlebih kinerja BPR LPM pada masa pandemi justru mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan bisa melakukan ekspansi jaringan dengan membuka kantor cabang baru di wilayah Cibaduyut, dengan membuka kantor cabang CBD. Bahkan berencana membuka kantor cabang baru di wilayah Garut dan Cianjur.

"Bagi dunia perbankan masa pandemi itu sangat berat, bahkan beberapa bank pun sempat goyang, tetapi sebaliknya kinerja BPR LPM justru tumbuh dengan baik dan bisa melakukan ekspansi jaringan, dengan membuka kantor cabang baru," jelasnya.

Hal senada pun diungkapkan Pemegang Saham Pengendali BPR LPM Zaenal Aripin. Ia pun mengapresiasi laporan The Finance dimana BPR LPM masuk pada peringkat TOP 100 BPR (2022). Menurutnya pencapaian tersebut menunjukan kinerja bisnis BPR LPM sangat baik.

"Kita sangat bangga dengan capaian kinerja BPR LPM yang terus semakin membaik. Mudah mudahan ini bisa lebih mendorong motivasi tim BPR LPM untuk lebih maju dan berkembang lagi. Apalagi BPR LPM pun terus mengembangkan jaringan dan membuka kantor cabang baru," katanya.

Terkait itu Komisaris Utama BPR LPM Nida Garnida Fitrianti,Ir.,Msi pun mengapresiasi pencapaian dan laporan The Finance yang mencatat BPR LPM masuk pada peringkat TOP 100 BPR (2022). Menurutnya itu menunjukan capaian kinerja yang sangat baik, dan itu merupakan bukti hasil dari semangat dan upaya keras dari seluruh tim dan jajaran di BPR LPM.

"Tentunya prestasi ini sangat membanggakan, dan mudah mudahan itu bisa mendorong seluruh tim dan jajaran BPR LPM untuk bisa lebih semangat lagi dalam mencapai target rencana bisnis perusahaan," jelasnya.

Hal senada pun diungkapkan Komisaris BPR LPM Rd.Roro Fatma Sari. Dikatakannya, sangat bersyukur dengan masuknya bpr lpm dalam penghargaan tersebut, kinerja perusahaan ini harus terus ditingkatkan. Namun demikian hal tersebut dalam menjalankan operasional tetap harus sesuai dengan aturan aturan dan arahan OJK.

"Jadi budaya perusahaan tadi itu harus dilaksanakan dan jadi darah daging karyawan, sehingga bisa menyatukan keinginan pemegang saham, komisaris dan direksi. Kita harus selalu bersama sama seperti keluarga, harus menjadikan BPR LPM itu sebagai rumah kedua, sampai akhir hayat. kita juga harus menjalankan aturan serta arahan arahan dari OJK," pungkasnya. (wan)

Pewarta: Wawan
Editor: Agus Hermawan
©2022 JAVANEWS.TV

Komentar