35 Barista Handal Lulusan LKP Karya Duta Siap Ramaikan Bisnis Kopi di Tanah Air

231121075626-35-ba.jpg

(ist)

BANDUNG,- Peluang bisnis di bidang usaha kopi memiliki potensi yang sangat besar. Hal itu seiring dengan minat masyarakat dalam mengkonsumsi kopi sangat tinggi. Namun demikian para pelaku bisnis disektor ini sangatlah sedikit.

Terkait itu untuk mendorong potensi yang ada di sektor bisnis kopi, LKP Karya Duta pun memberikan pelatihan terhadap masyarakat. Bahkan kini LKP Karya Duta berhasil mencetak para wirausaha baru di bidang usaha kopi. LKP Karya Duta pun berhasil mencetak kelulusan 35 barista atau pengolah kopi yang telah lulus menjalani pelatihan dan keterampilan mengolah kopi selama hampir 3 bulan di Kampus Karya Duta Education Jln Pahlawan No 28 Bandung.


Terkait itu Direktur LKP Karya Duta, Zoelkifli M Adam S.Pd.MM, mengatakan, pelatihan tersebut merupakan hasil kolaborasi kerjasama antara LKP Karya Duta dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan, Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, untuk Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW)  Pelatihan Barista. 

Dirinya merasa bersyukur bisa mencetak 35 barista yang sudah menjalani pelatihan barista selama 3 bulan. Menurutnya, tugasnya mencetak para lululsan di bidang barista kopi sudah selesai sehingga dengan demikian tugas para anak didiknya kemudian menggunaan skill yang didapatkan untuk berwirausaha di bidang kopi.

"Ini tinggal implementasinya. Walaupun pelatihan sudah selesai tapi kami tidak melepas para peserta didik begitu saja. Mereka akan tetap mendapatkan pendampingan dari kami dan para pihak yang sudah bekerjasama dengan kami seperti perbankan dan dari mitra kami lainnya," ujar Zoelkifli dalam penutupan pelatihan, Sabtu (18/11/2023). Hadir dalam acara tersebut Ketua Kadin Kota Bandung, perwakilan Bank BJB, praktisi UMKM dan perwakilan HIPMI Kota Bandung.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga memberikan sejumlah alat kepada para peserta didik agar mereka bisa langsung berwirausaha di bidang kopi.

Alat-alat tersebut diberikan secara gratis alias cuma-cuma kepada peserta didik. Alat-alat yang diberikan itu adalah alat pengolah kopi dan roda untuk tempat berjualan.

"Kita berikan alatnya juga. Semua alat ini kami berikan secara gratis kepada para peserta didik, harapannya tentu agar peserta didik bisa langsung berjualan dan menjadi entrepreneur di bidang komoditi kopi," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Drs.H Hikmat Ginanjar, MS.i sangat mengapresiasi langkah LKP Karya Duta yang telah meluluskan 35 barista yang diharapkan kelak menjadi para entrepreneur baru.

Menurut Hikmat, langkah LKP Karya Duta bisa membuat para pemuda yang tadinya belum memiliki pekerjaan menjadi seorang calon entrepreneur atau pengusaha mandiri di bidang kopi.

"Sektor usaha itu kan ada formal, non formal dan informal. Nah apa yang sudah dilakukan LKP Karya Duta, oleh Pak Zoelkifli ini, merupakan langkah kongkrit untuk membantu pemerintah mengentaskan pengangguran atau mengurangi pengangguran dengan memberikan pelatihan kepada para pemuda untuk kemudian mereka menjadi wirausaha mandiri," ujar Hikmat.

Hikmat menyebutkan bahwa pemerintah akan terus mendukung dan mendorong para lembaga pelatihan seperti LKP Karya Duta agar terus memberikan dorongan dan upaya kepada para pemuda melalui pelatihan agar kelak pengangguran semakin berkurang dan menumbuhkan para pengusaha mandiri di masa yang akan datang.

Pewarta: Wawan
Editor: Agus Hermawan
©2023 JAVANEWS.TV

Komentar