Ini Dia Jenis Profesi Paling Dicari pada 2025

210901211125-ini-d.jpeg

(Foto: Net)

JAVANEWS.TV I BANDUNG,-

Setelah lulus sekolah menengah atas (SMA), apakah sudah memiliki keinginan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah?

Apabila Anda ingin menempuh pendidikan tinggi, maka memilih jurusan kuliah harus dipikirkan secara matang dari sekarang.

Sebab, memilih jurusan yang tepat sangat berpengaruh besar terhadap bidang pekerjaan Anda di masa depan.

Terlebih di masa pandemi Covid-19, penggunaanteknologidigitaldalam kehidupan masyarakat semakin meningkat.

Mengutip KOMPAS.com, seiring dengan percepatan penggunaan teknologi digital, kondisi ini menyebabkan kebutuhan talenta di bidang teknologi juga kian mendesak. Utamanya di bidang seperti penggunaan robot danartificial intelligenceatau kecerdasan buatan.

World Economic Forum (WEF) atau Forum Ekonomi Dunia telah menerbitkan sebuah laporan mengenai prediksi pekerjaan apa saja yang paling banyak dicari pada 2025.

Dari hasil laporan tersebut, WEF memperkirakan pada 2025, manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada.

Menurut WEF berikut profesi yang diprediksi semakin bersinar pada 2025.

1.Dataanalystatau analisisdata

Bagi Anda yang berminat dengan profesi ini maka wajib tahu cara pemrosesan data dalam jumlah besar, baik itu pembersihan, analisis dan visualisasi.

Adapun tugas utama analisis data yaitu menemukan wawasan untuk mempromosikan pengembangan bisnis dari semua aspek. Dari hasil analisis ini, kemudian diserahkan kepadadata engineer.

2.Artificial intelligence(AI)and machine learning specialist

Adanya revolusi industri 4.0, membuat profesi AIspecialist atau spesialis kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin semakin banyak dibutuhkan.

Sebab, pekerjaan ini diklaim mampu mengembangkan sistem keamanan berupaface recognitionatau pengenalan wajah.

Face recognitionberfungsi untuk membantu manusia dalam mengidentifikasi identitas seseorang berdasarkan wajah mereka.


Tak hanya itu, teknologi AI juga memiliki beberapa cabang. Salah satunya machine learning yang berfokus pada pengembangan mesin agar dapat mempelajari sesuatu dengan sendirinya tanpa arahan dari manusia.

3.Big data specialistatau spesialis data besar

Profesiini memungkinkan Anda berkutat dengan data-data dalam jumlah banyak.

Dari pengumpulan data berbagai sumber,big data specialistharus mengolah dan menganalisanya sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Seperti diketahui, setiap orang bisa menghasilkan ribuan data per hari. Hasil data ini didapat dari penggunaan aplikasi, server, hinggadevicepribadi.

Oleh karenanya, diperlukan seorangbig data specialistguna mengembangkan, memelihara, menguji, serta mengevaluasi solusi dari data dalam jumlah besar di perusahaan.

Namun saat ini, tingginya kebutuhan profesibig data specialistmasih belum diikuti dengan jumlah talenta yang tersedia.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2021 JAVANEWS.TV

TAGS:

Komentar