Manfaat Push Up, Bolehkah Dilakukan Setiap Hari?

210928214502-manfa.jpg

Manfaat Push Up (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I BANDUNG,-Push upadalah jenis latihan membangun kekuatan. Meskipun utamanya mengaktifkanotot-otot lengan dan bahu,push upjuga melibatkan otot inti dan kaki.

Oleh karena itu, menurut Medical News Today,manfaat push upsangat baik untuk membangun kekuatan di seluruh tubuh.

Megutip KOMPAS.com, Push up adalah latihan kekuatan yang populer. Banyak orang memasukkan push up ke dalam rutinitasolahragarutin mereka.

Manfaat push upsangatlah beragam, termasuk meningkatkan massa otot dan kesehatan kardiovaskular.

Ketika dilakukan secara rutin dan dengan postur tubuh yang tepat, manfaat push up akan kita rasakan.

Menurut Mind Body Green, berikut lima manfaat push up yang membuatnya begitu baik untuk dilakukan secara rutin:


1. Push up meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas


Jika pernah melakukan push up, Anda pasti paham bagaimana menantangnya menurunkan dan mengangkat tubuh kita.

Pelatih kebugaran yang berbasis di Chicago, Stephanie Mansour mengatakan, salah satu manfaat push up adalah menguatkan tubuh bagian atas kita.

Sebab, push up pada dasarnya membuat seluruh bagian atas tubuh kita bekerja, termasuk bagian depan dada, otot trisep dan bisep, bahu, dan punggung atas.

Membangun kekuatan di area tubuh atas membuat kita lebih mudah melakukan aktivitas sehari-hari yang melibatkan kelompok otot tersebut, misalnya membawa tas belanjaan yang berat atau mengangkat tempat sampah besar.

Tidak seperti jenis gerakan lainnya yang cenderung melatih satu kelompok otot saja, sepertibicep curl, push up juga langsung melatih banyak kelompok otot sekaligus, sehingga gerakannya menjadi efisien untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas secara keseluruhan.


2. Push up meningkatkan kekuatan dan stabilitas otot inti

Menurut penulis Pushup Progression, Shaun Zetlin, manfaat push up tidak hanya untuk membangun kekuatan di tubuh bagian atas. Ketika dilakukan secara tepat, push up juga bisa menjadi latihan seluruh tubuh (full-body workout).

Termasuk di antaranya kekuatan dan stabilitas otot inti.

Ototinti tak hanya berkaitan dengan perut, tapi juga mencakup otot lain di bagian tengah tubuh.

Beberapa gerakan otot inti fokus pada perut, misalnya crunch.

Namun,gerakan push upyang dilakukan secara tepat dapat melatih otot inti lainnya yang kurang kita kenal, seperti abdominis melintang (otot inti terdalam yang membantu menopang tulang belakang kita), multifidus (rangkaian otot-otor kecil di sepanjang tulang belakang), dan lainnya.

Otot inti pada dasarnya adalah pembangkit tenaga tubuh dan komponen penting dari gerakan yang kita lakukan.

Otot inti yang lebih kuat akan membuat segala aktivitas terasa lebih mudah, termasuk untuk melakukan latihan lain, seperti squat, angkat beban, lari, dan lain sebagainya.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar