Gaya Hidup Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur

220509225830-gaya-.jpeg

Manula Jepang (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I BANDUNG,-

Di dunia ini, ada beberapa wilayah yang disebutblue zonealiaszona biru.

Mereka yang tinggal di zona biru dikenal sebagaicentenarianatau orang-orang yang berumur panjang, karena hidup dengan usia lebih dari 100 tahun.

Populasicentenarianterkonsentrasi di lima wilayah zona biru, yaitu Ikaria (Yunani), Ogliastra Region (Italia), Nicoya Peninsula (Kosta Rika), Loma Linda (AS), sertaOkinawa(Jepang).

Tentunya, tak sedikit dari kita yang penasaran mengetahui rahasia umur panjang orang-orang yang tinggal di kelima wilayah itu.

Selain lebih aktif bergerak dan makan makanan sehat setiap hari, ternyata ada satu praktik kuno nan sederhana yang bisa ditiru untuk memperpanjang usia:duduk di lantai.

Praktik ini dilakukan oleh orang-orang Okinawa, Jepang.

Masyarakat Okinawa senantiasa duduk di lantai untuk melakukan banyak aktivitas sehari-hari, mulai dari beristirahat, membaca, berkumpul bersama orang terkasih, hingga makan.

Namun, apa kaitannya praktik makan di lantai dengan kesehatan dan vitalitas mereka?

Seperti dilansir situsbluezones.com, dalam sehari, orang Okinawa duduk di lantai dan berdiri berkali-kali lebih banyak daripada orang-orang dari wilayah lain di dunia.

"Cara ini melatih kaki, punggung, dan otot inti mereka secara alami saat mereka berdiri dan duduk sepanjang hari," demikian bunyi keterangan di situs tersebut.

"Duduk di lantaijuga memperbaiki postur tubuh serta meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan mobilitas secara keseluruhan."

Studi menunjukkan, memertahankan kebiasaan seperti yang dilakukan orang Okinawa ini dapat membantu kita hidup lebih lama.

Studi yang diterbitkan dalamEuropean Journal of Preventative Cardiologymenyebutkan, tidak mampu berdiri dan duduk di lantai dikaitkan dengan masa hidup yang lebih pendek.

Kebanyakan dari kita --terutama yang bekerja dari rumah-- tampaknya hanya menghabiskan waktu di depan perangkat komputer atau laptop tanpa banyak bergerak.

Akibatnya, kita kehilangan kesempatan untuk bergerak secara aktif. Hal ini dapat berdampak negatif pada umur dan kesehatan kita.

Jadi, mengapa tidak meniru praktik yang dilakukan orang-orang Okinawa?

Ubahlah rutinitas kita dengan makan, berkumpul bersama anggota keluarga, atau mengikuti rapat Zoom dengan duduk di lantai.Tidak sulit, kan?

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2022 JAVANEWS.TV

Komentar