Tips Menghilangkan Embun di Mobil Saat Berkendara

220511210723-tips-.jpeg

Embun di kaca mobil (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I BANDUNG,-

Embun pada kacamobildapat mengganggu pandanganpengemudisaat
berkendara.

Jika visibilitas berkurang, aktivitas mengendarai mobil akan sangat berbahaya.

Embun akan membuat pengemudi sulit melihat dengan jelas. Tidak menutup kemungkinan, pada kondisi ini pengemudi rentan menabrak.

Mengutip KOMPAS.com, kaca mobil yang berembun tidak hanya dipicu karena hujan saja. Perbedaan suhu di dalam kabin atauAC mobilyang bermasalah dapat membuatkaca mobil berembun.

Beberapa mobil baru keluaran pabrik saat ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat digunakan untuk menghilangkan embun di kaca kendaraan.

Salah satu fitur yang sering dijumpai, yaitu garis-garis yang menempel pada kaca belakang mobil atau disebut dengan defogger.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan jika defogger berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca.


Ketika dinyalakan, maka kawat tipis berupa garis horizontal yang biasanya terpasang di kaca bagian belakang akan teraliri panas. Dengan demikian, embun yang sudah terbentuk akan hilang karena adanya panas dari kawat tersebut, ujar Didi saat kepada Kompas.com.

Cara lain untuk menghilangkan embun yaitu memainkan fungsi dari AC mobil. Pada saat hujan sebaiknya AC mobil tetap hidup agar embun di kaca menghilang.

Kebiasaan mematikan AC agar tidak dingin saat berkendara ditengah hujan membuat kaca menjadi berembun. Baiknya, suhu AC berada di 23 derajat celcius tidak perlu penuh.

Menurut Didi, dengan suhu tersebut sudah mampu untuk menghilangkan embun pada kaca mobil terutama kaca depan.

Menurut saya kipas paling kecil, dengan suhu sekitar 23 derajat celcius, sudah cukup aman tidak terlalu dingin dan tidak bikin embun, katanya.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2022 JAVANEWS.TV

Komentar