Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

220604000013-jurus.jpeg

Profesi Dokter (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I BANDUNG,-

Mencari tahu prospek kerja ke depan tentang jurusan kuliah akan membuat kalian lebih siap di dunia kerja. Mulai dari sekarang kalian harus menyusun rencana kuliah dan karier di masa depan.

Berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja menjanjikan dan paling dibutuhkan di dunia kerja seperti dikutip Okezone

1. Kedokteran

Munculnya banyak virus dan penyakit saat ini membuat jurusan kedokteran menjadi jurusan yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Dunia khususnya seperti sekarang ini sangat membutuhkan banyak tenaga medis untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Bukan menjadi rahasia umum jurusan kedokteran menjadi fakultas favorit di setiap kampus, peminatnya pun selalu naik setiap tahun. Pendapatan di dunia kedokteran juga terbilang sangat besar dan sangat menjanjikan apalagi di masa mendatang di mana jasa seorang dokter sangat dibutuhkan di manapun. Universitas terbaik dengan jurusan ini yaitu UI, UGM, Unpad, dan Unair.

2. Teknik Informatika

Kini semua lini sudah beralih menjadi seba digital. Perkembangan ilmu komputer yang sangat pesat membuat lulusan ini akan banyak dicari oleh perusahaan.

Profesi seperti programer dan sejenisnya akan dibutuhkan di dunia kerja. Universitas terbaik dengan jurusan ini yaitu ITS, ITB, Teklom U, Atmajaya, Esa Unggul, UKP, Pers U, dan Binus.

Politeknik terbaik dengan jurusan ini yaitu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Politeknik Negeri Bandung.

3. Arsitektur Arsitek memiliki segudang kelebihan dibanding profesi lainnya, di antaranya adalah mampu menerjemahkan keinginan serta perkataan klien dan menuangkannya ke dalam desain dan mampu merancang desain yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, kondisi lahan dan budget yang dimiliki.

4. Ilmu Pendidikan

Berkurangnya tenaga pendidik juga berpengaruh bagi bangsa. Jurusan ini nantinya akan menghasilkan banyak lulusan tenaga pendidik yang akan mencerdaskan bangsa.

Tentunya hal ini sangat dibutuhkan untuk dunia kerja ke depan. Universitas terbaik dengan jurusan ini yaitu UNY, UM, UNJ, UPI, Unesa, UNM, dan Unnes.

5. Pariwisata

Mengingat saat ini sektor wisata berkembang cukup pesat dan semakin tinggi antusias masyarakat untuk melakukan kegiatan traveling atau staycation.

Tentunya jurusan ini akan dibutuhkan kedepannya. Universitas terbaik dengan jurusan ini yaitu UGM, UPI, Unud, UP, dan Universitas Bunda Mulia.

6. Psikologi

Belakangan ini banyak masyarakat yang semakin peduli dengan kesehatan mental. Ini merupakan peluang yang bagus untuk jurusan psikologi. Profesi yang berkaitan dengan kesehatan mental seperti psikiater akan sangat dibutuhkan kedepannya. Universitas terbaik dengan jurusan ini yaitu UI, UGM, Undip, Unpad, Unair, UNJ, UB, Unud, Binus, Atmajaya, Universitas Gunadarma, UII, dan UMM.

7. Hukum

Menurut survei Higher Education Statistic Agency di Inggris, jurusan hukum menjadi 10 jurusan setelah lulus paling cepat bekerja. Pelu diingat setiap instansi memiliki legal tim yang pastinya memerlukan jurusan hukum ini. Universitas terbaik dengan jurusan ini yaitu UGM, UI, USU, Unair, UNDIP, UB, dan Unpad.

8. Perfilman

Dikarenakan banyaknya peluang kerja yang menggunakan ilmu-ilmu perfilman seperti menjadi konten kreator maupun sineas menjadikan jurusan ini akan banyak dibutuhkan dalam dunia kerja.

Bisa dilihat saat ini tentunya dalam bidang apapun dibutuhkan marketing. Dan dalam marketing itu sendiri banyak sekali menggunakan teknik-teknik perfilman. Semua orang kini senang menonton video, bahkan beberapa media sosial pun kini lebih menonjolkan fitur video.

Oleh karena itu jurusan ini tentunya akan sangat dibutuhkan di dunia kerja. Universitas terbaik dengan jurusan ini yaitu IKJ, ISI, Binus, Unpaid, dan ISI Surakarta.

9. Desain Grafis

Di era digital sekarang ini, banyak sekali perusahaan yang mencari lowongan dari jurusan ini, karena kebutuhan untuk mensosialkan perusahan-perusahan mereka ke dalam media sosial. Yang membutuhkan desain tertentu agar lebih tertarik.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2022 JAVANEWS.TV

Komentar