Pemprov Jabar Dorong Sektor Kesehatan di Jabar Selatan

210910191141-pempr.jpg

(Foto : Wawan)

JAVANEWS | BANDUNG,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmet untuk terus mendorong sektor kesehatan masyarakat. Namun demikian hal tersebut harus mendapat dukungan dan kesadaran dari masyarakat sehingga muncul masyarakat yang sehat dan lingkungan bersih.

"Kesehatan merupakan faktor dominan dalam pembangunan, baik itu pembangunan di bidang pendidiikan, ekonomi dan peningkatan daya beli. Itu bisa berhasiil kalau masyarakat sehat. Makanya sehat itu harus diperjuangkan dan menjadi skala prioritas, tetapi ini semua ini harus bergayung sambut dengan masyarakat. Sehebat apapun program pemerintah dan sebesar apapun anggaran yang dikeluarkan dan sekuat apapun aturan yang dibuat, kalau tidak ada gayung bersambut dari masyarakat itu tidak akan sukses dalam rangka meningkatkan derajat masyarakat," jelas Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum disela acara peresmian sarana dan prasarana RSUD Pameungpeuk Garut, Kamis (9/9/2021).

Diungkapkan Uu, dirinya meresmikan sarana dan prasarana RSUD Pameungpeuk ini merupakan tugas dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Termasuk juga untuk mendorong sektor kesehatan di masyaraakat jabar selatan. Terkait itu pihaknya pun berharap agar masyarakat pun turut serta dalam menciptakan masyarakat yang sehat dan lingkungan yang sehat.

"Saya minta masyarakat harus pola hidup bersih dan sehat, itu pokok menuju sehat sebagai benteng utama dalam kesehatan pribadi. Jadikan diri kita sebagai perawat sendiri, dan saya berharap kuatkan keimanan dan ketakwaan, karena kalau orang yang iman dan ketakwaannya hebat akan tangguh dalam menghadapi cobaan hidup. Hanya keimanan dan ketakwaan yang mampu bertahan," jelasnya.

Salah satu dorongan di sektor kesehatan pun terkait dengan pemekaran wilayah di beberapa daerah. Saat ini sudah ada 5 daerah yang sedang proses untuk pemekaran daerah otonomi baru. Bahkan di Jabar sendiri sudah ada 5 daerah yang sedang proses menuju daerah otonomi baru.

'Yang sekarang sedang diperjuangkan kabupaten cianjur, dan lainnya, kabupaten cianjur ini skornya tinggal sedilit lagi. Tidak hanya cianjur, daerah lain pun sedang kita dorong, kenapa karena kitas ingin lahir 12 DOB di jabar sebagai pengimbangan jumlah penduduk yang 50 juta," jelasnya. (wan)

Pewarta: Wawan
Editor: Agus Hermawan
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar