Jabar Bakal Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

211105211436-jabar.jpg

Ketua Kwarda Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil menyaksikan peletakan batu pertama kawasan ekowisata di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Minggu (17/10/2021) (IST)

JAVANEWS | KAB BOGOR,– Jawa Barat akan memiliki jembatan gantung terpanjang di dunia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melakukan peletakan batu pertama pembangunan kawasan ekowisata Eiger Adventure Land (EAL) di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Minggu (17/10/2021).

Rencananya EAL dibuka untuk umum pada 2023 menghadirkan beberapa ikonik landmark salah satunya adalah jembatan gantung.

Selain itu akan hadir juga kereta gantung sepanjang 836 meter. Kemudian beberapa fasilitas lain yang menitikberatkan pada kegiatan petualangan tropis seperti petualangan hutan, jalan – jalan budaya, permainan ruang terbuka, desa tradisional, tempat penginapan bernuansa alam, penangkaran, naik gunung, kemping, hingga jelajah nusantara.

Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi semua pihak atas dilakukannya pembangunan tersebut. Diharapkan agenda ini akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Jawa Barat dan Indonesia.

"Kita harapkan ini menjadi suatu kebanggan bukan hanya dari Jawa Barat tapi juga buat Indonesia. Ini merupakan persembahan kita untuk ikon pariwisata dunia,"kata Sandiaga Uno.

Selain itu, Sandiaga Uno juga berharap pembangunan ekowisata meningkatkan ekonomi rakyat. Pasalnya investasi yang digelontorkan untuk pembangunan wisata alam ini tidak sedikit.

"Saya sangat mengapresiasi langkah yang fenomenal dan penuh patriotnisme oleh Pak Ronny dan grup untuk investasi yang tidak kecil dan bisa dibilang spektakuler di tengah pandemi jumlah Rp800 miliar selama lima tahun ini," kata Sandiaga Uno.

Selain itu, kata Sandi, dibangunya wisata alam ini akan ada banyak lapangan kerja yang dibuka. Diperkirakan ada sekitar 600 lapangan kerja di tahap satu yang akan dibuka.

"Total lapangan kerja 600 tahap 1 dan tahap selanjutnya tentu akan lebih tinggi lagi. Kita harapkan jadi sarana saluran berkat bagi kita semua," kata Sandiaga.

Ketua Kwarda Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil menyaksikan peletakan batu pertama itu. Atalia sempat mencoba menaiki mobil landrover defender miliki eiger. Kemudian Atalia juga sempat mendampingi Sandiaga Uno untuk mencicipi kopi eiger dan menanam pohon. (WAN)

Pewarta: Wawan
Editor: Agus Hermawan
©2021 JAVANEWS.TV

TAGS:

Komentar