Stock Beras Surplus, Ridwan Kamil Tak Ingin Jabar Impor Beras

230125200910-stock.jpg

(ist)

JAVANEWS | CIREBON,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami menegaskan pihaknya tidak setuju dengan impor beras meski saat ini harga terindikasi naik. Terlebih, menurutnya saat ini Jawa Barat dalam kondisi yang surplus beras.

"Harusnya Jawa Barat surplus ya. Surplus kita 1,5 juta ton per tahun. Kalau Jawa Barat diupayakan jangan impor karena kita kan berasnya berlebih, kalau provinsi lain silakan, ujar Ridwan Kamil saat melakukan kunjungan ke Pasar Pasalaran, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Rabu (25/2/2023).

Bahkan, menurut dia, hingga kini produksi dan kebutuhan beras di Jawa Barat masih surplus mencapai 1,5 juta ton setiap tahunnya. Jawa Barat tiap tahunnya surplus 1,5 juta ton, sehingga tidak boleh impor beras," katanya saat ditemui seusai meninjau harga komoditas pangan di Pasar Pasalaran.

Dia mengatakan, kenaikan harga beras di Jawa Barat juga sedang dicari tahu penyebabnya termasuk menyiapkan langkah-langkah intervensinya. Dari mulai operasi pasar maupun intervensi melalui subsidi angkutan barang menggunakan anggaran dari Biaya Tak Terduga (BTT).

"Pokoknya, Jawa Barat jangan sampai impor, karena produksinya juga surplus, kalau daerah lain silakan saja," ujarnya.
Saat ini, lanjut Ridwan Kami, Pemprov Jabar tengah melakukan penelitian dan akan intervensi terkait harga beras yang masih tinggi.

Terkait dengan inflasi di daerah, Ridwan Kamil mengapresiasi inflasi Kabupaten Cirebon yang ada di angka 4,8%. Namun, apresiasi yang diberikan Gubernur Ridwan Kamil ada syaratnya.

Salah satunya, Bupati Cirebon Imron harus harus rajin turun ke pasar untuk memantau situasi dan harga yang ada di pasar. Inflasi diangka 4,8% itu sudah bagus. Cirebon saya apresiasi salah satunya adalah Pak Bupati harus rajin ke pasar, untuk melihat apa yang naik dan mencarikan solusinya, kata Ridwan Kamil.

Menurutnya, banyak cara untuk mengantisipasi inflasi, salah satunya adalah dengan melakukan operasi pasar, mengupdate harga, dan menginterfensi biaya transportasi. Selain itu, juga melibatkan aparat kepolisian untuk menindak penimbun yang menyebabkan naiknya harga pokok dan lainnya, kata Emil.

Setelah mengecek harga bahan pokok di Pasar Pasalaran, Kang Emil menilai harga bahan pokok masih normal. Dikatakannya, naik maupun turun hara bahan pokok merupakan yang wajar. Asalkan tidak sampai berlebihan, sampai melebihi presentasenya. (wan)

Pewarta: Wawan
Editor: Agus Hermawan
©2023 JAVANEWS.TV

TAGS:

Komentar