Begini Cara Cek Pajak Kendaraan via Online

210714212346-begin.jpeg

Pajak Kendaraan (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I JAKARTA,-Merupakan kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan bermotor di Indonesia untuk membayarpajakkendaraan bermotor (PKB) setiap tahunnya. Besaranpajak kendaraandikenakan sesuai dengan jenis kendaraan dan kapasitas mesin kendaraan.

Kewajiban tersebut tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 yang kemudian diperjelas pada Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang perubahan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 terkaitPajakKendaraan Bermotor.

Melansir dariNTMC Polripada Selasa (13/7/2021), besaran pajak kini dapat dilihat dengan mengecek registrasi secara online.

Selain lewat website resmi, beberapa daerah juga sudah menyediakan aplikasi cekpajak kendaraan onlineyang bisa diunduh di ponsel pintar.

Untuk mengecek status pajak yang perlu dibayar, pemilik kendaraan cukup memasukan nomor polisi (nopol) yang terdiri dari dua bagian, yakni empat digit nomor dan huruf.

Adapun untuk prosedur cek pajak kendaraan, beberapa daerah mengharuskan pemilik kendaraan menginput nomor NIK pemilik, nomor rangka, jenis plat dan kode captcha. Namun untuk sebagian daerah lainnya, cek pajak kendaraan online cukup dengan memasukan nomor polisi saja.

Perlu diketahui, untuk melihat pajak kendaraan secara online setiap daerah memiliki website masing-masing.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar