Remote TV Rusak? Lakukan Cara Ini agar Bisa Kembali Berfungsi

210729220809-remot.jpg

Remote TV (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I BANDUNG, -Remote TVyang rusak atau tidak lagi berfungsi adalah masalah yang kerap dialami oleh banyak orang ketika sedang menonton TV.

Ketikaremote TVrusak, hal ini terasa mengganggu saat harus mengganti saluran TV. Mau tak mau kamu perlu memencet tombol yang ada di dekat layar TV untuk mengganti saluran TV atau mengubah volume.

Untungnya remote TV yang rusak bisa kamu perbaiki sendiri dengan mudah, sehingga jangan terburu-buru untuk langsung membuangnya.


Dikutip dari kanal YouTube Makin Viral, Selasa (27/7/2021), berikut ini cara memperbaiki remote TV yang rusak agar berfungsi kembali.

1. Periksa baterai remote TV terlebih dahulu

Sebelum ke proses perbaikan, pastikan bahwa baterai yang ada di remote TV milikmu memang masih hidup.

Jika baterainya sudah mati, hal ini tentu membuat remote TV tidak bisa digunakan. Jadi periksa baterai remote TV milikmu terlebih dahulu.

Namun, apabila baterainya masih hidup tetapi remote TV tidak bisa digunakan, maka lakukan langkah selanjutnya di bawah ini.


2. Buka bodi remote TV

Langkah awal untuk memperbaiki remote TV yang rusak adalah membuka atau membongkar bodi remote terlebih dahulu secara perlahan. Pastikan baterainya sudah dilepas.

3. Bersihkan bagian dalam remote

Setelah bodi remote TV berhasil kamu buka, bersihkan bagian dalamnya, seperti panel remote control dan papan rangkaian elektronik.

Panel remote control adalah tombol-tombol dari remote TV yang kamu selalu pencet. Ketikaremote TV rusak, kamu perlu membersihkan bagian belakang panel remote control dengan kain lap bersih kering.

Selain itu, bersihkan juga papan rangkaian elektronik dari remote TV dengan kain lap bersih kering. Papan rangkaian elektronik ini berada tepat di bawah panel remote control.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar