Partai Nasdem Jabar Gelar Vaksinasi Terhadap Pedagang PKL di Kawasan Wisata

210813190051-parta.jpg

(ist)

JAVANEWS | KAB. BANDUNG BARAT,- Sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19 DPW Partai Nasdem Jawa Barat aktif melakukan vaksinasi kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan saat ini, DPW Partai Nasdem Jawa Barat melakukan vaksinasi Covid-19. terhadap pedagang kaki lima (PKL) di kawasan wisata Tangkuban Perahu, Jumat (13/8/2021).

Ketua DPW Partai NasDem Jabar, Saan Mustopa mengatakan, Partai Nasdem terus mendorong vaksinasi di masyarakat. Sebelumnya, Partai NasDem Jabar sudah melakukan vaksinasi di 8 wilayah bahkan pada Agustus 2021 akan memasuki vaksinasi tahap ke II bagi 6.000 orang.

"Saat ini kita melakukan vaksinasi kepada para pedagang di kawasan wisata Tangkuban Perahu. Ada sekitar 100 pedagang yang saat ini di vaksin," jelas Saan.

Diungkapkan Saan, awalnya pihaknya menyiapkan sekitar 30 dosis vaksin Sinovac. Namun, antusias PKL begitu tinggi sehingga menyiapkan sampai 100 dosis.

"Kemungkinan jumlahnya bisa lebih banyak. Mudah-mudahan Minggu depan kita lakukan vaksinasi lagi di sini," katanya.

Saan menyebutkan, para PKL tersebut rerata belum pernah mendapatkan vaksin sehingga dilakukan vaksinasi tahap I. Maka, sebagai partai koalisi pendukung pemerintah berupaya untuk membantu program percepatan vaksinasi nasional.

"Kita ingin secepatnya kekebalan komunitas (herd Immunity) terbentuk agar pelan-pelan kondisi kita pulih kembali,"ungkapnya

Dia berharap setelah mendapatkan vaksin, para PKL bisa berjualan kembali di wahana wisata Tangkuban Perahu.

"NasDem membantu mereka agar ketika kawasan wisata Tangkuban Perahu dibuka lagi, mereka bisa berjualan kembali agar kehidupan perekonomian mereka kembali pulih,"ungkapnya

Saan menilai pasokan vaksin dari Pemerintah Pusat untuk wilayah Jawa Barat terbilang minim sehingga belum menyentuh kalangan PKL. Untuk itu, NasDem Jabar mengimbau Pemerintah Pusat agar menambah jumlah vaksin. Pasalnya, jumlah penduduk Jabar hampir mencapai 50 juta jiwa.

"Jadi kalau cuma dikirim 9 juta vaksin, itu akan lambat percepatan vaksinasi. Maka, kelompok sasaran pun akan sangat terbatas,"ujarnya

Selain itu, NasDem Jabar juga mengimbau Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melakukan vaksinasi terhadap seluruh PKL termasuk pedagang di pasar tradisional.

"Karena mereka memang sehari-hari berjualan di situ. Jadi mobilitas mereka itu kan lebih tinggi dibandingkan lainnya. Kita berharap, mereka menjadi skala prioritas untuk diberikan vaksinasi,"jelasnnya

Selain vaksinasi terhadap PKL di kawasan wisata Tangkuban Perahu, NasDem Jabar juga memberikan bantuan paket sembako.
Hal itu dilakukan sebagai stimulus ekonomi karena mereka sangat terdampak pandemi Covid-19.

"Ini merupakan bagian kepedulian dari Partai NasDem Jawa Barat terhadap masyarakat yang terdampak pandemi dengan memberikan sembako,"ujarnya

Berkenaan dengan bantuan dari pemerintah. Ia menilai hal itu sebagai program stimulus ekonomi bagi masyarakat seperti dalam bentuk bantuan sembako, Bantuan Langsung Tunai dan sebagainya.

Dia menegaskan selama ini pendataan penerima bantuan dan ketepatan sasaran bantuan bagi masyarakat yang terdampak pandemi harus diperbaiki.

"Selain data, ketepatan sasaran itu menjadi penting sehingga mereka yang benar-benar berhak dan memang terdampak langsung bisa mendapatkan bantuan itu,"tegasnya

Selanjutnya, masyarakat yang terdampak pandemi jumlahnya semakin bertambah untuk itu, Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Barat harus berkolaborasi untuk meningkatkan bantuan stimulus bagi mereka yang terampak. Salah satunya, PKL di kawasan Tangkuban Perahu yang sempat mengeluh karena belum menerima bantuan dari pemerintah.

"Artinya Pemerintah itu, bukan mengurangi paket bantuan stimulus ekomoninya tapi dengan data yang akurat bisa juga untuk menambah paket bantuan,"tegasnya

Adapun, Pengelola Kawasan Wisata Tangkuban Perahu, Ruslan mengapresiasi yang telah dilakukan NasDeM Jabar sebab kali pertama partai politik melakukan vaksinasi bagi PKL.

Selain itu, vaksinasi menjadi salah satu persyaratan PKL menjual dagangannya agar mendapatkan sertifikasi vaksin Covid-19. Persyaratan tersebut belaku juga bagi para pengunjung wisata Tangkuban Perahu.

Dia berharap NasDem bisa menambah jumlah vaksin sehingga bisa melibatkan masyarakat umum di sekitar kawasan wisata Tangkuban Perahu. Bukan hanya sebatas PKL saja.

"Sebelumnya ada vaksinasi dari perusahaan namun terbatas. Maka, kami berharap kepada partai NasDem Jabar untuk menambah vaksinasi,"pungkasnya. (wan)

Pewarta: Wawan
Editor: Agus Hermawan
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar