Cara Bayar Pajak Mobil dan Motor Secara Online

210830220511-cara-.jpeg

Cara Bayar Pajak Mobil dan Motor Secara Online (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I BANDUNG,-

Dewasa inibayar pajakkendaraan bermotorsemakin mudah seiring dengan perkembangan digitasi secara nasional, terkhusus di wilayah perkotaan.

Sejalan dengan hal tersebut, beberapa Samsat telah menerapkan cara bayar pajakmobildan sepedamotorsecaraonline. Sehingga, para pemilik tidak perlu repot untuk melakukan kewajiban terkait.

Apalagi, pemerintah terus melakukan pembatasan aktivitas melalui PPKM guna menekan potensi penyebaran virus corona alias Covid-19.


Berikut mekanisme cara bayar pajak kendaraan online di SamsatOnlineNasional atau Samolnas, baik cara bayar pajak motor online maupon pajak tahunan mobil dikutip KOMPAS.com

1. Pemohon mendownload aplikasi Samolnas
2. Setelah terinstal di smartphone, klik mulai dan pendaftaran
3. Pemohon bisa mengisi data di kolom yang tersedia antara lain nomor polisi, NIK, dan 5 digit nomor terakhir rangka kendaraan, dan klik "lanjutkan".
4. Sistem akan memproses data selama kurang lebih satu menit. Jika data yang dimasukkan sudah benar, akan muncul data lengkap mengenai kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya, sekaligus besaran pajak yang harus dibayarkan
5. Muncul kode bayar yang berlaku selama 2 jam
6. Pembayaran bisa dilakukan melalui bank atau channel pembayaran lainnya dengan dikenakan biaya administrasi Rp 5.000
7. Pemohon akan mendapatkan e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK yang berlaku selama 30 hari
8. Pemohon bisa mendapatkan TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK yang dikirimkan Samsat melalui jasa ekspedisi ke alamat pemohon sesuai dengan yang tertera di STNK.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar