Kapan Indonesia Keluar dari Pandemi Covid-19?

210902235521-kapan.jpeg

Kapan Indonesia Keluar dari Pandemi Covid-19? (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I JAKARTA,- Pandemi Covid-19 sudah lebih dari satu tahun ini terjadi di Indonesia dan masih belum diketahui pasti kapan berakhir.

Namun, parailmuwanmemiliki pandangan sendiri dan menyebut bahwa Indonesia bisa segera keluar daripandemi.

Aliansi Ilmuwan Indonesia Untuk Penyelesaian Pandemimengemukakan, dibutuhkan satu tahun bagi Indonesia untuk keluar dari masapandemi.

"Ada tigafasedalam skenariopascapandemi. Dengan asumsi setiapfasemembutuhkan tiga hingga empat bulan, maka dalam setahun Indonesia sudah relatif bebas daripandemi," kata Anggota Aliansi Ilmuwan Indonesia Untuk Penyelesaian Pandemi Sulfikar Amir, PhD. dalam webinar dan diskusi publik bertajuk Skenario Pasca Pandemi dikutip KOMPAS.TV, Rabu (1/9/2021).

Sulfikar Amir menjelaskan bahwa pihaknya mengusulkan skenariopascapandemisebagai jalan keluar dari masapandemi.

Menurutnya, skenariopascapandemimerupakan kerja kolektif skala nasional yang dilakukan secara bertahap dengan target dan indikator yang jelas, terukur dan obyektif. Ada tigafasedalam skenariopascapandemi.

Pertama,fasesupressiondengan target utama menekan angka kasus dan kematian secara drastis dalam tiga hingga empat bulan.

"Fase ini menerapkan strategipull and pushyakni kombinasi pembatasan sosial dan pelacakan secara masif dan terpadu," ungkapilmuwandari Nanyang Technological University ini.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar