Seru Banget! Virtual Field TripDarul Hikam Integrated School Primary Kunjungi Manca Negara

211028135929-seru-.jpg

Virtual Field Trip Darul Hikam Integrated School Primary Kunjungi Manca Negara (Foto: Istimewa)

JAVANEWS.TV I BANDUNG,-

Beberapa program sekolah yang mengharuskan siswa belajar dan berinteraksi langsung dengan objek belajar dan komunitas sekolah akan sangat terganggu saat pandemi.

Darul Hikam Integrated School (DHIS) Primary memiliki salah satu program kesiswaan yaitu pelaksanaan Field Trip.
Kegiatan virtual field trip ini dilaksanakan satu kali setiap semester, dan destinasi kunjungan disesuaikan dengan topik belajar yang sedang siswa peroleh di sekolah. Akan tetapi dikarenakan kondisi pandemic, program tersebut harus dilakukan secara online agar siswa tetap mendapat pengalaman belajar yang serupa.

Maka itu, DHIS Primary mengadakan Virtual Field Trip untuk mewadahi keingintahuan peserta dalam mendapatkan informasi baru. Kami membagi 3 kegiatan Virtual Field Trip.

Untuk Primary 1 dan 2 mereka mengunjungi Phoenix Zoo Arizona, USA. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 25 Oktober 2021. Mereka mengunjungi Phoenix Zoo Arizona, USA , kebun binatang terluas di Amerika Serikat yang memiliki lebih dari 3000 jenis hewan yang berasal dari Benua Asia, Amerika dan Afrika.
Mereka juga berkunjung ke Masjid Tempe yang merupakan pusat kegiatan muslim yang ada di Arizona.

Selain memperoleh wawasan mengenai jenis-jenis fauna, siswa-siswi juga mengetahui perkembangan dan peradaban umat muslim yang ada di daerah Arizona.

"Kami sangat bergembira dapat berjumpa dan belajar bersama anak-anak dari Darul Hikam Integrated School Primary,"kata
dosen Bahasa di Arizona State University,
Ulfa Mutia Alrasyid, Kamis (28/11/2021)

Siswa Primary 3 sampai Primary 6 berkunjung ke PP IPTEK TMII Jakarta, dan bermain bersama narasumber Tim Program Edukasi PP IPTEK untuk menajamkan keunggulan sekolah di bidang STEM Education (Science, Technology, Engeneering, & Mathematics).

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 27-28 Oktober 2021. Siswa-siswi menyaksikan Science Show tentang Nitrolastic dan Fire and Magic Pressure, film tentang cara-cara menangkal Covid juga mengenai Arsitektur Cangkang.

Kegiatan diakhiri dengan projek sains. Primary 3 membuat kapal pesiar dan mini saturnus, sementara itu Primary 4-6 membuat Periskop dan Rangka Bangun.

Sementara itu, siswa-siswa terlihat sangat antusias dalam megikuti kegiatan dan membuat projek nya, karena walaupun secara virtual, namun mereka bisa mendapatkan pengalaman belajar yang sama seperti ketika mereka langsung mengunjungi tempatnya.

Tanggapan siswa pun positif, karena selain melihat science show, mereka pun mendapat kesempatan membuat projek yang mengasah otak dan juga keterampilan berpikir siswa.

Salah satunya, Gyandra Alkhalifi, siswa Primary 3 mengungkapkan jika dirinya sangat bersemangat dan antusias untuk mengikuti seluruh rangakaian kegiatan virtual field trip, karena dia dapat mengasah kreatifitas dan pemikirannya.

Hal ini merupakan kolaborasi dari minds-on dan hands-on yang akan membuat siswa terbiasa dalam mengasah keterampilan.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar