Cara Menghapus Cache WhatsApp

211108223510-cara-.jpeg

WhatsApp (Foto: Istimewa)

JAVANEWS.TV I BANDUNG,- Penggunaan WhatsApp juga dapat menumpuk cache yang akhirnya dapat membuat HP menjadi lemot. Cache adalah cara browser atau aplikasi menyimpan informasi pada HP.
Penyebab lemotnya HP bisa dikarenakan data yang berupa audio, video, pesan, pesan suara, stiker, dan dokumen yang dibagikan melalui chat. Ada dua cara untuk membersihkan cache aplikasi WhatsApp di HP Android.

Melalui Aplikasi WhatsApp
Cara penghapusan cache WhatsApp bisa dilakukan langsung melalui pengaturan WhatsApp. Berikut langkah-langkah untuk menghapus cache melalui aplikasi WhatsApp langsung:

Buka aplikasi WhatsApp di HP Android
Buka ikon tiga titik pada bagian pojok kanan atas
Ketik opsi 'Setelan'
Pilih dan ketuk opsi 'Penyimpanan dan Data'
Pilih bagian yang paling atas dan ketuk opsi 'Kelola Penyimpanan'. Pada tampilan awal menu, pengguna bisa melihat besaran cache yang ada

Setelah itu, pengguna bisa menjumpai kolom bar berwarna kuning dan hijau serta keterangan arti dari warna tersebut
Pada bagian bawah kolom bar, pengguna akan menemukan daftar kontak WhatsApp. Pilih kontak dengan kapasitas memori yang paling besar, bisa diterapkan pada personal chat maupun grup.

Nominal angka memori bisa dilihat pada bagian kanan dari nama kontak
Pada opsi tersebut pengguna akan menjumpai besaran file yang dihasilkan dari video, audio, foto, GIF dan pesan suara. Pengguna bisa memilih file yang ingin dihapus. Jika ingin menghapus semua, pilih opsi 'Pilih Semua' yang berada di pojok kanan atas.

Setelah hapus file, pengguna bisa melihat penurunan jumlah cache pada kolom bar.
Cara cepat lainnya bisa memilih dua opsi menu yang berada di bawah kolom bar. Menu tersebut hanya bisa menampilkan file berkapasitas besar saja.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar