Kenali Gejala Omricon pada Anak

220127233348-kenal.jpeg

Kenali Gejala Omricon pada Anak (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I JAKARTA,- Vovid-19varian Omicron terus meningkatkan angka kesakitan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Kasus anak-anak akibat Omicron cukup tinggi hingga memaksa sekolah tatap muka kembali ditutup. Kenali gejala Omciron pada anak agar tidak salah penanganan.

Gejala Omicronpada anak

Secara umum,gejala Omicrontidak terlalu berbeda pada anak. Namun, keparahan gejala yang ditimbulkan bisa jadi lebih parah dibandingkan orang dewasa. Hal ini dikarenakan sebagian besar anak masih terlalu muda untuk mendapatkan vaksin.

Berikut adalahgejala Omicron pada anakyang paling sering muncul seperti dikutip Kompas.com

Lelah

Sakit kepala

Sakit tenggorokan

Pilek dan bersin-bersin

Demam

Batuk

Terdapat pula beberapa gejala ringan yang mungkin menyertai infeksi Covid-19 pada anak, seperti diare dan mual. Selain itu, waspadai beberapa gejala parah yang pernah ditemukan pada anak yang terinfeksi varian Omicron. Gejala parah Omicron pada anak antara lain sesak napas, bibir menjadi biru, dan kejang.Q

Apa yang harus dilakukan jika anak terkena Omicron?

Anak yang terinfeksi Covid-19 memiliki risiko terkenaMIS-CatauMultisystem Inflammation Syndrome in Children. Sindrom ini menyerang sebagian kecil anak yang terinfeksi Covid-19. Umumnya anak terkena sindrom ini ditandai dengan demam lebih dari 38 derajat Celsius dalam periode yang cukup panjang.

Selain gejala tersebut, Anda juga harus waspada terhadap gejala parah yang telah disebutkan di atas. Jika anak mengalami salah satu gejala parah di atas, maka sebaiknya segera bawa anak Anda ke dokter.

Gejala ringan selain gejala-gejala yang menjadi perhatian, cukup ringan dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Anda bisa tetap merawat anak Anda di rumah. Manfaatkan telemedicine untuk kontak dengan dokter mengenai obat dan hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2022 JAVANEWS.TV

Komentar