Pemilu 2024 Diprediksi 2 Putaran, Kok Bisa?

220422221216-pemil.jpeg

Pemilu (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I JAKARTA,- LembagasurveiSaiful Mujani Research & Consulting (SMRC) memprediksi akan berlangsung dua putaran apabila diikuti oleh tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

"Bila yang maju dalam pemilihan presiden tiga pasangan, pemilihan presiden kemungkinan berlangsung dalam dua putaran," kata Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam keterangannya, Kamis (21/4/2022).

Dalam simulasi yang dilakukan, SMRC menyodorkan tiga pasangan kepada responden yang disurvei. Hasilnya, elektabilitas ketiga pasangan itu seimbang.

"Anies-AHY mendapatkan 29,8 persen suara. Ganjar-Airlangga 28,5 persen, dan Prabowo-Puan memperoleh 27,5 persen. Masih ada 14,3 persen yang belum menjawab atau tidak tahu," jelasnya.

Seimbangnya dukungan ini yang kemudian berpotensi membuat pemilihan presiden tidak akan berlangsung satu putaran, melainkan dua putaran.

Kendati demikian, Saiful mengungkapkan bahwa pihaknya juga belum bisa memastikan apakah simulasi pasangan ini akan benar terjadi. Apalagi, dengan hasil yang diperoleh justru seimbang.

"Jadi, kita belum tahu, lihat perkembangan dua tahun ke depan akan menjadi seperti apa," pungkasnya.

Adapun sebanyak 1.027 responden yang dianalisis dalam survei ini. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar lebih kurang 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Surveiini dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 13-20 Maret 2022.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2022 JAVANEWS.TV

Komentar