Empat Bintang Sejajar Hiasi Langit Bandung

220424202930-empat.jpg

Empat Bintang Sejajar Hiasi Langit Bandung (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I BANDUNG,- Warga diBandungRaya termasuk diKota Cimahidan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dihebohkan dengan kemunculan empatbintangyang berjajar tegak lurus dilangit.

Keempat bintang yang berada di ufuk timur itu
memiliki cahaya berbeda-beda. Fenena astronomi tersebut bisa diamati dengan mata telanjang, utamanya sebelum dan setelah waktu sahur.

"Betul tadi setelah salat subuh, ada bintang berbaris di langit. Bagus banget, kurang tau itu fenomena apa," ujar Reza (18), warga Kota Cimahi pada Sabtu (23/4/2022).

Juru BicaraObservatorium Bosscha, Yatny Yulianti menjelaskan empat cahaya berjejer di langit Bandung tersebut, merupakan penampakan empat planet terang yakni Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Menurutnya, planet-planet ini bisa diamati dalam konfigurasi berbaris ketika mereka berada di orbitnya, sehingga dilihat dari Bumi berada di satu garis khayal atau garis ekliptika langit.

Fenomena ini sudah bisa diamati di langit bersamaan sejak akhir bulan Maret, tapi posisinya belum satu baris seperti sekarang. Kita baru bisa melihat posisi meraka hampir satu baris sejak sekitar pertengahan bulan April dan akan berlangsung hingga akhir April ini," terang Yatny saat dihubungi.

Menurut Yatni yang juga seorang astrono, fenomena berbarisnya planet-planet bukan peristiwa langka, tapi juga bukan peristiwa rutin. Barisan planet terakhir kali pada Juli 2020, saat itu tiga planet Merkurius, Venus, dan Mars bisa diamati di langit sebelum Matahari terbenam. Ketiganya jarak pisah di langit cukup besar.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2022 JAVANEWS.TV

Komentar