Tips Berenang di Sungai Aaree

220616221641-tips-.jpg

Sungai Aaree (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I SWISS,-
Sangat penting untuk memiliki perkiraan yang tepat tentang kondisi air. Contohnya ketika arus air sangat kuat, kita harus punya pemahaman yang baik bahwa berenang di kondisi itu bisa berbahaya.

Mengutip CNN Indonesia, sejumlah sungai di Swiss sebenarnya tergolong memiliki arus yang cukup tenang, termasuk di Sungai Aare. Namun, bukan berarti arusnya akan selalu tenang.

Ada kalanya arus tengah 'menggila', terutama di sungai yang memiliki hulu di pegunungan Alpen usai musim dingin. Lelehan salju membuat arus lebih kuat ketika musim semi.

Setiap tahun ada saja yang meninggal karena mungkin salah dalam memperkirakan kondisi air. Lebih baik memastikan keamanan daripada menyesal.

Tindakan yang bisa menyebabkan bahaya sekaligus konyol adalah berpindah-pindah tempat dari titik atau area yang sudah ditentukan sesuai rencana.

Penentuan area juga sebaiknya di titik yang cukup familier bagi banyak orang dan lebih baik lagi tahu kondisinya.

Kasus yang paling umum ketika terbentur batu, tapi tidak terlalu membahayakan. Kasus terburuk, terseret arus yang amat kuat hingga tenggelam.

Kasus terburuk ketika berenang di danau adalah ketika Anda terbentur perahu. Orang-orang di atas perahu mungkin tidak melihat Anda berenang. Terbentur perahu ketika berenang, jauh lebih berbahaya ketimbang terbentur lambung perahu.

Terlebih jika Anda sampai terkena baling-baling mesin perahu, risikonya lebih mengerikan.


Bisa berenang bukan berarti menjamin Anda aman sepenuhnya. Ada kondisi-kondisi yang bisa berisiko bagi keselamatan Anda.

Semisal ketika Anda mengalami kram otot, Anda dipastikan akan sulit bergerak. Untuk itu, dibutuhkan alat bantu seperti pelampung.

Bisa pula mengenakan baju renang dengan bahan yang mampu menjaga suhu tubuh. Ini jadi penting ketika suhu air di sungai Swiss cukup dingin di bawah 10 derajat Celsius. Dengan begitu, tubuh tetap terjaga dari bahaya hipotermia.

Tak sedikit yang mengira semua sungai selalu dihuni makhluk buas seperti buaya. Tenang saja, sungai-sungai dan danau di Swiss bukan habitat buaya.

Anda tak perlu khawatir akan diterkam reptil buas tersebut. Sebaliknya, sungai-sungai di Swiss yang masih boleh digunakan untuk berenang cukup membuat Anda rileks.

Sepengetahuan saya, buaya hanya ada di sejumlah sungai di iklim tropis atau sub-tropis.

Jadi tolong singkirkan kekhawatiran di benak Anda soal keberadaan buaya di danau Swiss.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2022 JAVANEWS.TV

Komentar