Gejala Covid-19 Bisa Terdeteksi Saat BAB

220629222416-gejal.jpeg

Covid-19 (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I JAKARTA,- Perkembangan kasus Covid-19 di DKI Jakarta terus bertambah. Kawasan Ibu Kota menjadi kontributor tertinggi penyumbang kasus dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, seperti dikutip Rabu (29/6/2022), total kasus konfirmasi harian mencapai 2.167 kasus baru. Dengan demikian, total kasus secara keseluruhan mencapai 6.084.063 kasus.


DKI Jakarta menjadi provinsi penyumbang jumlah kasus terbanyak dengan total 1.250kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.813 kasus adalah transmisi lokal, dan 67 lainnya adalah pelaku perjalanan luar negeri.


Lonjakan kasus tak lepas dari munculnya varian Omicron BA.4 dan BA.5. Pada puncak gelombang Omicron beberapa waktu lalu, para ahli melaporkan banyak pasien yang menunjukkan gejala berhubungan dengan perut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki Covid-19 terkadang dapat mengalami gejala gastrointestinal.

Mengutip Times of India, beberapa orang yang mengidap virus Corona mengeluhkan sakit perut yang akut saat terinfeksi virus tersebut, tapi rasa sakit yang terkait dengan Omicron biasanya terasa di sekitar bagian tengah perut.

Gejala virus Corona yang lebih ringan selalu disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala dan kelelahan. Dalam beberapa kasus, orang tersebut mungkin juga mengalami masalah sakit tenggorokan dan kehilangan nafsu makan.

Berikut adalah beberapa tanda yang tidak boleh Anda abaikan mengenai masalah perut menurut NHS:

1. Sakit perut Anda datang tiba-tiba atau sakit perut yang sangat parah

2. Sakit ketika perut tersentuh

3. Muntah darah dan muntahan terlihat seperti kopi bubuk

4. Tinja tampak berdarah atau hitam

5. Tidak bisa buang air kecil

6. Tidak bisa buang air besar atau kentut

Jika Anda positif Covid dan sedang mengalami sakit perut akut, para ahli menyarankan dua hal untuk menangani situasi tersebut.

Pertama, konsumsi makanan yang sehat dan cobalah untuk mengurangi makanan pedas dan berminyak. Kedua, perbanyak minum air putih untuk menghilangkan racun dari saluran pencernaan dan menjaga diri Anda tetap terhidrasi.

Masalah saluran cerna adalah tanda Covid yang tidak boleh dianggap enteng. Jika Anda merasakan masalah terkait perut dan kondisinya makin buruk dalam waktu 48 jam, segera periksa ke dokter.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2022 JAVANEWS.TV

Komentar