Elektabilitas PDI-P Tertinggi di Kalangan Milenial

221103105425-elekt.jpeg

Kampanye PDIP (Foto: Net)

JAVANEWS.TVI JAKARTA,- Hasil jajak pendapat LitbangKompaspada 24 September-7 Oktober 2022 menunjukkan, PDI Perjuangan merupakan partai politik dengan elektabilitas tinggi di kalangangenerasi Zatau pemilih berusia 17-25 tahun.

Berdasarkan survei tersebut, di kalangan generasi Z, PDI-P memiliki elektabilitas 19 persen, disusul oleh Partai Demokrat (18,4 persen), dan Partai Gerindra (13,9 persen).

Sementara itu, PartaiPerindoyang tidak lolos ambang batas parlemen pada Pemilu 2019 memiliki elektabilitas 8 persen di kalangan generasi Z dan duduk di posisi keempat.


Elektabilitas Perindo di kalangan generasi Z dinilai menambal belum meratanya pemilih partai, terutama dari responden generasi X dan generasi Y.

Sebab, secara umum, hanya 4,5 persen akan memilih Partai Perindo jika pemilu dilaksanakan saat survei digelar.

"Perindo punya peluang kesuksesan jika dapat meramu program kerja yang sesuai dengan keresahan yang dihadapi kalangan muda dan pemilih mula," tulis peneliti LitbangKompasArtia Nugraheni, dikutip dariKompas.id, Rabu (2/11/2022).

Posisi Perindo diikuti oleh Partai Keadilan Sejahtera (5,6 persen), Partai Kebangkitan Bangsa (4,5 persen), Partai Nasdem (4,5 persen), Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (3,3 persen).

Sementara itu, partai-partai lainnya memiliki elektabilitas di bawah 2 persen di kalangan generasi Z, sedangkan ada 13,2 responden yang menjawab tidak tahu, tidak ada, atau lainnya saat ditanya soal partai politik pilihan mereka.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2022 JAVANEWS.TV

Komentar