XL Axiata Perkuat Jaringan 4G di Sepanjang Jalur Pansela Jabar

221106160133-xl-ax.jpeg

Pekerja XL Axiata (Foto: Istimewa)

JAVANEWS.TV I GARUT,- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat jaringan telekomunikasi dan data 4G di sepanjang jalur lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa Barat (Jabar) yang melintasi enam kabupaten.

Komitmen ini seiring dengan semakin meningkatnya kualitas infrastruktur jalan raya Pansela sepanjang lebih dari 410 km tersebut, yang kemudian memacu perekonomian daerah, terutama sektor pariwisata. Saat ini, jaringan 4G XL Axiata di sepanjang jalur tersebut diperkuat lebih dari 3.600Base Transceiver Station(BTS).

Pj. Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto, mengatakan, jalur Pansela di Jawa Barat semakin ramai dan telah mendorong roda perekonomian masyarakat di enam kabupaten yang dilintasinya. Keberadaan jalur transportasi yang semakin baik ini juga memicu munculnya banyak destinasi wisata.

"Permintaan atas layanan telekomunikasi dan data yang baik pun terus meningkat. Tidak mengherankan jika kemudian trafik data XL Axiata di sepanjang jalur ini meningkat hingga sekitar 149% dalam dua tahun terakhir.katanya, Senin (7/11/2022)

Arif menambahkan, guna menjaga kualitas layanan di sepanjang jalur Pansela, berbagai upaya terus XL Axiata lakukan, sepertiupgradekapasitas,ekspansi jaringan,perbaikanlatency,hinggapeningkatanthroughput. Peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan melalui fiberisasi ke semua BTS yang menopang jalur Pansela ini. Fiberisasi bertujuan antara lain meningkatkan kapasitas jaringan 4G agar kualitas layanan data menjadi maksimal, cepat dan stabil.

Penyediaan layanan internet cepat di semua wilayah layanan kini juga menjadi salah satu fokus XL Axiata dalam pembangunan jaringan telekomunikasi dan data 4G, sesuai dengan spirit XL Axiata Ada Untuk Indonesia. Layanan internet tercepat akan mampu menghadirkan banyak manfaat bagi masyarakat, sekaligus berkontribusi mengakselerasi pembangunan di berbagai bidang. Jalur Pansela melintasi Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, Bandung, Tasikmalaya, dan Pangandaran.

Selama satu tahun terakhir, XL Axiata juga telah melakukan ekspansi jaringan dengan menambah lebih dari 1.000 BTS 4G yang menopang total lebih dari 2.800 desa/kelurahan atau sekitar 94% dari keseluruh desa/kelurahan di 192 kecamatan, yang tersebar di enam kabupaten. Perluasan akan terus XL Axiata lakukan hingga menjangkau seluruh desa di kawasan Pansela.

Di sepanjang kawasan Pansela ini, XL Axiata telah melayani lebih dari 2,6 juta pelanggan. Pelanggan terbanyak berada di Kabupaten Bandung dengan total lebih dari 880 ribu pelanggan, menyusul Cianjur dengan lebih dari 660 ribu, Garut lebih dari 510 ribu. Sukabumi lebih dari 300 ribu, Tasikmalaya lebih dari 215 ribu, dan di Pangandaran terdapat lebih dari 47 ribu.

Jalur Pansela juga semakin dikenal sebagai jalur wisata karena menghubungkan banyak destinasi wisata. Mulai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, pantai Ujung Genteng, pantai Apra, Karang Potong, hingga pantai Jayanti. Selain pantai, juga ada Puncak Habibie di Sukabumi dan Geopark Ciletuh. Lanjut ke timur yang berada di wilayah Cianjur dan Garut ada pantai Sayang Heulang. Lalu di Kawasan Tasikmalaya ada pantai Karang Tawulan. Di Pangandaran antara lain terdapat pantai Batu Karas, dan Green Canyon.

Selain menyediakan jaringan data yang berkualitas, XL Axiata juga menawarkan sejumlah produk yang bisa masyarakat dan pelanggan manfaatkan guna mendukung produktivitas hingga memenuhi kebutuhan untuk hiburan dan bersosialisasi. Tidak ketinggalan tersedia juga produk solusi digital bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).


Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2022 JAVANEWS.TV

Komentar