Layanan Kesehatan Gratis Bagi Nelayan Cilacap

221119124800-layan.jpg

Layanan Kesehatan Gratis (Foto: Istimewa)

JAVANEWS.TV I BANDUNG,- Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November pada setiap tahunnya. Kembali menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan, HKN tahun ini mengusung tema Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku.

Integrated fisheries commerce dan supply chain aggregator di Indonesia yang merevolusi rantai pasok perikanan, serta menghubungkan nelayan skala kecil ke pasar yang lebih luas melalui teknologi yaitu Aruna melalui dengan Yayasan Maritim mengadakan Pesta Pekan Aruna, sebuah acara untuk komunitas nelayan dan masyarakat pesisir di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Pesta Pekan Aruna ini diselenggarakan untuk memeringati HKN, sekaligus menjalin kebersamaan dengan komunitas pesisir setempat,"kata Ecosystem Specialist Yayasan Maritim, Elsa Fitri dalam keterangan resminya, Sabtu (19/11/2022)

Bekerja sama dengan Puskesmas Desa Pangumbahan, Aruna melalui Yayasan Maritim mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi lebih dari 150 masyarakat, serta perlombaan olahraga yang diikuti oleh lebih dari 200 peserta.

Olahraga yang dikompetisikan dalam Pesta Pekan Aruna kali ini adalah voli putra dan voli putri. Adapun, mereka yang berhasil memenangkan pertandingan ini berhak membawa pulang sejumlah hadiah berupa satu set perlengkapan voli, seperti bola dan net. Sebagai catatan, agenda perlombaan olahraga ini dilaksanakan secara terjadwal agar tidak menimbulkan kerumunan peserta yang berlebih.

"Aruna melalui Yayasan Maritim ingin terus membantu masyarakat pesisir. Hal ini dilakukan demi perbaikan kualitas hidup mereka, termasuk dalam aspek kesehatan. Yang kami lakukan ini tentu masih jauh dari kata cukup, tetapi kami akan tetap berkomitmen untuk selalu mengambil langkah dalam rangka membantu mereka, one step at a time,"jelasnya

Sementara itu, masih dalam rangka merayakan HKN, Aruna melalui Yayasan Maritim juga membagikan paket sembako yang disebut sebagai paket Jumat Berkah. Paket sembako ini dibagikan kepada 950 masyarakat pesisir di sejumlah daerah, seperti Desa Sungai Pinang, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (195 penerima), Desa Sedayulawas, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (250 penerima, Desa Lonrae, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (150 penerima), Desa Bontu-Bontu, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (115 penerima), Desa Beringin Lamo, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara (140 penerima), dan Desa Wairoro, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara (100 penerima).

Adapun, Petugas Puskesmas Kecamatan Cilacap, Iwan Gamar mengatakan, dengan kegiatan ini Aruna telah menciptakan peluang untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dengan jangkauan yang jauh lebih luas lagi.
Ditambah juga dengan adanya kegiatan olahraga bersama yang dibalut dalam agenda perlombaan yang seru.

"Semoga masyarakat Indonesia dapat terus hidup sehat.katanya

Senada dengan, salah seorang nelayan Ujung Genteng, Sulaeman merasa terbantu dengan adanya fasilitas kesehatan gratis ini.

Alhamdulillah, dengan adanya agenda ini, kami disadarkan bahwa ternyata, check up umum harus secara rutin dilakukan agar kesehatan kita juga termonitor. Toh, puskesmas juga menyediakan layanan gratis. Kalaupun ada yang harus dibayar, kami juga sudah dibantu oleh Aruna untuk menggunakan kartu BPJS. Terima kasih, Aruna dan Yayasan Maritim.pungkasnya

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2022 JAVANEWS.TV

Komentar