Ekosistem Direct Trading Permudah Pengiriman Produk UMKM

230101120730-ekosi.jpeg

Ekosistem Direct Trading Permudah Pengiriman Produk UMKM (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I BANDUNG, Pos Indonesia terus berperan untuk mengakselerasi pertumbuhan industri logistik nasional. Kali ini, Pos Indonesia melalui anak perusahaannya Pos Logistik Indonesia bekerja sama dengan Lion Air Group dalam sebuah kolaborasi yang dinamakan Ekosistem Direct Trading. Program ini akan berfokus pada pengiriman serta pendistribusian produk dari petani, peternak, nelayan, serta para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kepada para konsumen secara langsung.

Komitmen dari ketiga perusahaan tersebut diwujudkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pos Indonesia Group, Pos Logistik Indonesia, dan Lion Air Group di Jakarta pada Rabu (28/12/2022)

Direktur Utama Pos Indonesia Group, Faizal Rochmad Djoemadi, mengatakan kerja sama ini dilakukan dalam rangka mempercepat proses pendistribusian logistik para pelaku usaha di Indonesia dan merupakan salah satu upaya dalam mendukung stabilitas ekonomi nasional.

Konsep Ekosistem Direct Trading ini merupakan penggabungan sistem pengiriman yang dimiliki oleh Pos Logistik Indonesia yang andal dalam jalur darat serta Lion Air Group yang memiliki spesialisasi dalam jalur udara, sehingga pendistribusian produk kepada para konsumen akan lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat membantu menciptakan stabilitas ekonomi nasional, jelas Faizal dalam keterangan resminya, Minggu (1/1/2022)

Ekosistem Direct Trading merupakan kerja sama yang menggabungkan beberapa hal dari sistem pengiriman Pos Indonesia dengan Lion Air Group, antara lain rute penerbangan (port to port), operasional bandar udara, dan jaringan pos darat (post to post).

Adapun, Presiden Direktur Lion Air Group, Capt Daniel Putut Kuncoro Adi mengaku
antusias dengan kolaborasi yang memudahkan para pelaku bisnis Indonesia ini.

Kolaborasi bersama Pos Indonesia Group dan Pos Logistik Indonesia ini
memanfaatkan kapabilitas masing-masing perusahaan dalam memperlancar arus
barang dari hasil sektor pertanian, kelautan, peternakan, UMKM sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus daya saing produk di pasar regional dan global, jelasnya

Sementara itu, Direktur Utama Pos Logistik Indonesia, Ardian Cholid mengatakan besarnya pasar domestik akan sangat menguntungkan bagi konsumen dan produsen seperti petani, peternak, nelayan dan UMKM jika dihubungkan melalui Ekosistem Penjualan Langsung (Direct Trading) dalam pengiriman hasil produknya sampai kedepan pintu rumah konsumen secara mudah dan murah.

Pos Logistik Indonesia mempunyai komitmen bersama Lion Air Group dan Pos Indonesia Group dengan mengutamakan manfaat bagi masyarakat. Melalui perencanaan, pengaturan penyimpanan, dan pengiriman barang sebagai upaya mempertahankan kualitas produk atau barang hasil pertanian, kelautan, peternakan dan UMKM sampai ditangan konsumen.

Kami akan terus melakukan terobosan dan perbaikan melalui model bisnis yang
unggul dalam upaya pencapaian tingkat kinerja yang tinggi di bidang logistik agar
tercapainya pemenuhan kebutuhan pasar, nilai ekonomis, dan menjadi bagian sistem
logistik nasional dan internasional, jelasnya

Pada kesempatan yang sama Direktur Bisnis Kurir & Logistik, Siti Choiriana menambahkan program yang terintegrasi dengan layanan kurir digital milik Pos Indonesia Group, PosAja! tak hanya sekadar mengirimkan produk tak bernyawa saja, melainkan dapat membantu para pelaku bisnis memasarkan ikan hidup yang dapat dikirimkan antarpulau.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki ragam ikan hias yang jumlahnya tak terhingga. Dengan adanya Hotel Ikan pada program ini, masyarakat tak perlu
khawatir untuk mengirimkan produk (ikan) mereka ke konsumen secara hidup-hidup, karena terdapat re-oksigenisasi selama transit. Jadi, kami pastikan aman dan tentunya memudahkan para pelaku ekonomi memasarkan produknya, pungkasnya

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2023 JAVANEWS.TV

Komentar