Negara Ini Tolak Perayaan Tahun Baru 2023

230101193130-negar.jpg

Perayaan Tahun Baru 2023 (Foto: Istimewa)

JAVANEWS.TV I BANDUNG,- Sejumlah negara yang justru melarang perayaan semacam tahun baru ini. Berikut empat negara yang melarang perayaan tahun baru seperti dikutip Sindonews.com


1. Somalia

Somalia merupakan salah satu negara yang berada di Afrika. Negara ini berbatasan dengan Ethiopia di barat, Samudera Hindia di timur, Kenya di barat daya, Djibouti di barat laut, hingga Teluk Aden di bagian utara.

Dalam statusnya, Somalia dikenal sebagai negara yang memiliki mayoritas penduduk beragama Islam. Hal ini membuatnya melarang sejumlah perayaan tertentu seperti natal dan tahun baru. Dikutip dari laman Al Jazeera, Sabtu (31/12/2022),

Ketentuan tersebut muncul pada tahun 2015. Kala itu, Sheikh Mohammed Khayrow selaku Direktur Jenderal Kementerian Urusan Agama Somalia menyebut bahwa perayaan semacam tahun baru ini bisa merusak keyakinan muslim di negaranya.

Selain itu, Sheikh Nur Barud Gurhan selaku Dewan Agama Tertinggi Somalia juga khawatir perayaan tersebut bisa memprovokasi serangan dari kelompok Al-Shabab. Seperti yang diketahui, sebelumnya mereka pernah menyerang pada hari natal di markas besar Uni Afrika dan menewaskan beberapa orang.

2. Brunei Darussalam

Negara yang melarang perayaan tahun baru berikutnya adalah Brunei Darussalam. Sebagai salah satu negara dengan mayoritas populasi beragama Islam, negara di kawasan Asia Tenggara ini juga memiliki ketentuan ketat terkait perayaan seperti tahun baru atau hari natal.

Sama halnya dengan Somalia, dalam hal ini pemerintah Brunei menganggap bahwa kegiatan yang berkaitan dengan perayaan natal dan tahun baru bertentangan dengan syariat Islam dan bisa merusak akidah para penganutnya.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2023 JAVANEWS.TV

Komentar