Ganjar-Ahok Pasangan Pilpres 2024 dari PDIP?

230109190612-ganja.jpeg

Ganjar Pranowo dan Ahok (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I BANDUNG, -Beredar kabarbreaking newsjika PDI Perjuangan telah menampakkan diri dengan mendeklarasikan pasangan calon untuk maju diPilpres2024.

Dalam kabar itu, Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri disebut resmi mengumumkanGanjarPranowo dan Basuki Tjahaja Purnama aliasAhoksebagai pasangan capres-cawapres.

Narasi seputar pengusungan PDIP itu dibagikan oleh akun YouTube dengan nama KABAR POLITIK. Akun ini membagikan sebuah video yang berisi klaim bahwa PDIP telah mengumumkan ke publik terkait duet pasangan Ganjar-Ahok sebagai capres dan cawapres pada Pemilu 2024.

Selain itu, dalam thumbnail video yang dibagikan, tampak foto Ganjar dan Ahok tengah memotong pita. Foto itu juga dilengkapi dengan gambar Megawati yang berdiri di sebelahnya.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:


Zona Panas (NASDEM vs PDIP) Demi Selamatkan Indonesia, Mega Resmi Deklarasikan ini.!!

Breaking News.!! PDIP Tampakkan Wajah di 2022, Duet Ganjar Ahok diumumkan ke publik.

Lantas benarkah kabar Megawati telah mendeklarasikan Ganjar dan Ahok sebagai capres 2024 PDIP?


Berdasarkan penelusuranTurnbackhoax.id-- jaringanSuara.com, kabar Ganjar dan Ahok resmi diusung PDIP sebagai pasangan capres-cawapres PDIP di Pemilu 2024 adalah tidak benar.

Faktanya, video berdurasi 10 menit tersebut berisi cuplikan Refli Harun yang sedang membacakan sebuah artikel terkait Ahok ingin menjadi capres. Ditambah ada juga wawancara Ganjar terkait kisruh di internal partai PDIP mengenai bakal capres dari partai berlambang banteng tersebut.

Video itu juga berisi cuplikan wawancara Ahok di sebuah stasiun televisi terkait ambisinya untuk menjadi Presiden RI. Namun, dalam video itu nyatanya sama sekali tidak ada pernyataan Megawati terkait pengumuman duet Ganjar dan Ahok dalam Pilpres 2024.

Terlepas dari isi video itu, hingga sekarang juga tidak ada informasi valid atau kredibel mengenai keputusan resmi PDIP terkait paslon yang akan diusungnya. Terlebih, Megawati masih belum mengumumkan ke publik siapa capres dari PDIP yang bakal diusung.

Sementara itu, foto thumbnail dalam video itu juga dipastikan merupakan hasil editan atau suntingan dari 2 foto berbeda, bukan dari momen pengumuman paslon Ganjar dan Ahok.

Terbaru, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sempat menjelaskan bahwa Ketum Megawati Soekarnoputri yang akan mengumumkan bakal capres pada tahun ini. Pengumuman itu sendiri diprediksi oleh kalangan PDIP akan diumumkan saat HUT ke 50 PDIP pada 10 Januari 2023.

Sejauh ini, nama Puan Maharani danGanjar Pranowomemang santer dikabarkan bakal menjadi kandidat terkuat sebagai capres dari PDIP.


Dari penjelasan di atas, maka kabar PDIP resmi mengumumkan akan mengusung Ganjar dan Ahok sebagai pasangan capres-cawapres di Pemilu 2024 adalah hoaks.

Narasi tersebut masuk ke dalam kategorimisleading contentatau konten yang menyesatkan.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2023 JAVANEWS.TV

Komentar