Viral Penampakan Kota Saranjana, Ternyata

230116204030-viral.jpg

Viral Penampakan Kota Saranjana, Ternyata (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I BANDUNG,- Salah satu fotografer bernama Kevin Pramudya pun menyampaikan pendapatnya. Ia menjelaskan sudut pandangnya sebagai seorang fotografer dalam bentuk thread di Twitter dengan handle @kevinpramudya.

Menurut Kevin, gambar garis pada foto yang menyerupai bangunan tinggi merupakan pantulan dari lampu perkotaan dan rumah penduduk, yang berada di area bawah jembatan.

Pandangan saya melihat foto yang viral tersebut adalah tidak lebih karena shutter speed yang lambat (atau rendah) pada saat pengambilan foto. Hal ini pada akhirnya menciptakan bayangan, di mana kebetulan bayangan tersebut membentuk sebuah (bangunan yang mirip) perkotaan, jelas Kevin kepada KompasTekno, Selasa (17/1/2023).

Kamera ponsel berusaha menyesuaikan kondisi malam dan lingkungan sekitar. Supaya hasilnya bisa lebih terang, secara teknis, shutter speed di smartphone akan otomatis diturunkan menjadi lebih rendah. Bukti gambar yang dipotret memiliki shutter speed rendah, menurut Kevin, terletak pada subjek. Sebab, wanita yang tengah berpose itu tampak sedikit buram/bergoyang.

Hal tersebut sebenarnya wajar terjadi, apalagi jika shutter speed yang digunakan rendah/lambat, sekitar 2-3 detik.

Bukti dari shutter speed yang lambat ketika memotret dapat dilihat dari (gambar) subjek yang sedikit blur. Dengan shutter speed yang lambat (2-3 detik) umumnya subjek akan bergerak sedikit atau bisa jadi tangan dari pengambil foto yang bergoyang, jelas Kevin.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2023 JAVANEWS.TV

TAGS:

Komentar