Ganjar Pranowo Mundur dari PDIP karena Tak Dipilih Jadi Capres?

230119181208-ganja.jpeg

Ganjar Pranowo (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I BANDUNG,-

Beredar kabar mengenai Gubernur Jawa TengahGanjar Pranowoyangmengundurkan diridariPDI Perjuangan. Dalam kabar ini, disebutkan pula bahwa alasan mengapa Ganjar mundur karena tidak dipilih menjadicalon presidenyang maju dalam Pilpres 2024.

Informasi mengenai mundurnya Ganjar Pranowo dari PDI Perjuangan ini disebarkan melalui video yang diunggah oleh kanal YouTubeLIDAH RAKYATpada Jumat (13/1/2023).

Dalam unggahannya kanal YouTube ini menuliskan narasi sebagai berikut.

"Sakit Hati Tak Di Pilih Capres Pdi! Ganjar Dengan Berat Hati Sampaikan Pengunduran diri Hari Ini"

Baca Juga:Tegas! PDIP: Mau Banyak Dukungan untuk Siapa pun, Kalau Bu Mega Nggak Dukung ya Nggak Bisa Nyapres

"BREAKING NEWS!! GANJAR SAMPAIKAN PENGUNDURAN DIRI. SAKIT HATI TAK TERPILIH CAPRES PDI, DENGAN BERAT HATI GANJAR PUTUSKAN INI."

Selain itu, dalam thumbnail video yang dibagikan, terlihat foto Ganjar Pranowo sedang berdiri di atas podium. Tampak pula potret Ketua Umum PDI PerjuanganMegawati Soekarnoputriyang duduk berdampingan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Berdasarkan penelusuran, klaim Ganjar Pranowo mengundurkan diri dari PDI Perjuangan karena tidak dipilih menjadi calon presiden adalah tidak benar.

Faktanya, dalam video berdurasi 8 menit 6 detik ini justru membahas soal pernyataan Gubernur Jawa Tengah tersebut yang mengaku siap menjadi calon presiden. Akibat dari pernyataan tersebut, Megawati pun langsung beraksi. Ia meminta agar para kader untuk bersabar.

Dalam video ini juga hanya berisi beberapa momen dalam acara HUT ke-50 PDI Perjuangan yang digelar pada Selasa (10/1/2023). Terlihat momen ketika Megawati memberikan pidato dan juga momen ketika Ganjar disambut meriah oleh para kader partai berlambang banteng tersebut.

Selain itu, narator dalam video ini juga hanya membacakan artikel berjudul'Sentil Ganjar, Megawati Beri Pesan Menohok Soal Pilpres 2024yang diunggah olehPagarlamapos.disway.id.

Terlepas dari isi video itu, hingga sekarang juga tidak ada informasi valid atau kredibel mengenai kabar Ganjar Pranowo mengundurkan diri dari PDI Perjuangan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kabar Ganjar Pranowo mengundurkan diri dari PDI Perjuangan karena tidak dipilih menjadi calon presiden untuk Pilpres 2024 adalah keliru.

Informasi yang telah tersebar tersebut masuk dalam hoaks kategori konten menyesatkan.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2023 JAVANEWS.TV

Komentar