Siswa SMP di Bogor Bantu Damkar Kena Macet

230124215732-siswa.jpg

Seorang bocah SMP di Kota Bogor, Jawa Barat, viral di media sosial lantaran mengatur lalu lintas membuka jalur bagi mobil damkar agar terbebas dari kemacetan (Foto: Istimewa)

JAVANEWS.TV I BOGOR,-

Sungguh berani aksi seorang siswa SMP membuka jalur untuk akses mobilpemadam kebakaran(damkar) yang terjebak kemacetan diKota Bogor, Jawa Barat. Aksi heroik bocah SMP itu menuai pujian.

Dirangkum detikcom, Selasa (24/1/2023), momen bocah SMP membuka jalur untuk mobil damkar itu terjadi ketika unit damkar Sektor Ciomas sedang dalam perjalanan usai diperbantukan bertugas melakukan pemadaman kebakaran di kawasan Wanaherang, Gunungputri, Kabupaten Bogor.

"Posisi lagi mau berangkat ke TKP kebakaran di Gunung Putri yang lapak rongsokan. Jadi kebetulan di kiri padat, jadi akhirnya ambil kanan," ucap Mulyana saat dihubungi detikcom, Sabtu (21/1) lalu.

Mobil damkar sudah mulai terjebak di Jalan Raya Pancasan. Namun kemacetan semakin parah ketika unit tiba di Simpang Empang arah Mal BTM menuju Jalan Ir Juanda Kota Bogor. Dititik macet inilah bocah SMP itu beraksi.

Dengan berani, ia membelah jalur antara kendaraan yang melaju ke arah Mal BTM dan arah Simpang Empang. Dengan berjalan kaki, bocah yang masih berseragam sekolah putih-biru lengkap dengan tas dipunggungnya itu meminta pengendara merapat ke kiri jalan dan memberi jarak untuk damkar yang akan melintas.

"Iya, posisinya (siswa SMP) lagi nongkrong, mungkin ngelihat posisi lalu lintas macet, kita kelihatan kesulitan, mungkin dia coba ingin bantu ngatur jalan. Walaupun memang risiko dia lumayan itu," kata Mulyana.

Mulyana mengatakan apa yang dilakukan bocah itu sangat membantu petugas damkar. Dia mengapresiasi betul apa yang dilakukan bocah SMP tersebut.

"Sangat kebantu itu, kan memang zaman sekarang susah mau peduli sama damkar. Apresiasi banget sama anak sekolah itu peduli dengan kesulitan kita ketika kita memang lagi urgen," tuturnya.


Sosok siswa SMP yang viral karena aksi heroiknya membuka jalur untuk akses mobil damkar terjebak kemacetan di Kota Bogor akhirnya diketahui. Siswa itu bernama Alfin Alfarizi, bocah 14 tahun siswa kelas III SMP Negeri 7 Kota Bogor.

"Iya itu saya, itu pas saya pulang sekolah. Saya sekolah di SMPN 7 yang di Paledang," kata Alfin saat ditemui di rumahnya di Kelurahan Pasir Jaya, Bogor Selatan, Kota Bogor, Senin (23/1).

Ini sosok siswa SMP yang bantu buka jalur damkar saat tekena macet (Solihin/detikcom) Foto: Ini sosok siswa SMP yang bantu buka jalur damkar saat tekena macet (Solihin/detikcom)

Alfin mengaku tidak tahu aksinya membuka jalur untuk mobil damkar itu viral di media sosial. Pelajar yang aktif di organisasi kepramukaan ini mengaku tidak memiliki akun media sosial Instagram.

"Saya nggak tahu saya viral, saya kan nggak punya Instagram. Saya dikasih tahu teman saya, saya buka link-nya di handphone teman saya itu, baru tahu itu hari Sabtu. Terus di rumah dikasih tahu juga sama kakak saya," kata anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2023 JAVANEWS.TV

TAGS:

Komentar