Lahirkan Wirausaha Baru, LKP Karya Duta Gelar PKW 2024 Pada Kompetensi Barista

240705194458-lahir.jpeg

(Foto : Agus Hermawan)

BANDUNG,- Sebagai upaya menumbuhkan para wirausaha baru, LKP Karya Duta menggelar Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tahun 2024, Jumat (5/7/2024). Pada program tersebut 30 orang peserta usia produktif dilatih keterampilannya dengan diikutkan pada pelatihan barista.

Direktur LKP Karya Duta, Zoelkifli M Adam S.Pd.MM mengatakan, Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tahun 2024 merupakan program dari Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang dikolaborasikan dengan lembaga kursus dan pelatihan (LKP), salah satunya LKP Karya Duta.

"Ini merupakan wujud kemitraan dan kolaborasi antara pemerintah pusat dengan LKP dan pemerintah daerah. Bahkan saat inipun kita kolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kota Bandung," jelas Zoelkifli disela acara pembukaan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tahun 2024 di aula LKP Karya Duta Jln.Pahlawan Kota Bandung.

Diungkapkan Zoelkifli, saat ini Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tahun 2024 di ikuti sekitar 30 orang peserta dari masyarakat dengan usia produktif dari berbagai daerah di Kota Bandung.

"Mereka akan mendapat pelatihan beberapa bulan selama 300 jam pelajaran pada kompetensi keterampilan barista. Sebelumnya mereka kita seleksi dulu secara ketat dan tersaring dari sekitar 280 pendaftar hingga menjadi 30 orang peserta," jelasnya.

Menurutnya mereka akan dilatih secara intensif pada keterampilan barista sehingga ilmu yang mereka dapatkan diharapkan bisa menjadikan mereka menjadi lebih mandiri.

"Kita harapkan mereka bisa menjadi wirausaha baru, menjadi pengusaha yang sukses dan mandiri. Apalagi setelah mendapatkan pelatihan ini mereka pun akan mendapat pendampingan dan dikolaborasikan dengan industry yang sesuai dengan keretampilan mereka," jelasnya.

Hal senada pun diungkapkan Abdul Gaos Kepala Bidang Pendidikan Pengembangan Anak Usia Dini Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kota Bandung. Menurutnya Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) sangatlah efektif dalam mengembangkan wirausaha baru.

"Bahkan program inipun efektif untuk mengurangi pengangguran dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Kota Bandung. Kita sangat apresiasi Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW)ini, terbuti banyak wirausaha baru yang muncul dan dilahirkan ari program PKW ini," jelasnya.

Pewarta: Zaid Akbar
Editor: Zaid Akbar
©2024 JAVANEWS.TV

Komentar