Hasil Imbang Menutup Perjuangan Persib di Seri Pertama Liga 1 2021/2022

211003081227-hasil.jpg

(Persib official)

JAVANEWS | BANDUNG,- Persib Bandung kembali gagal meraih kemenangan setelah hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan PSM Makassar. Meski imbang 1-1 namun sebenarnya pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Sabtu (2/10/2021) malam, tidak ada gol yang dibuat pemain Persib. Satu gol untuk Persib karena gol bunuh diri yang dilakukan Serif Hasic pada menit 60. Sedangkan satu gol PSM dibuat oleh Saldy pada menit 77.

Sejak babak pertama kedua tim melancarkan serangan-serangannya, namun keduanya masih belum bisa membongkar pertahanan lawan. Hingga turun minum skor masih 0-0. Tidak jauh berbeda dengan babak pertama, dibabak kedua pun kedua tim saling jual beli serangan. Hingga akhirnya pada menit 60, Serif Hasic melakukan gol bunuh diri. Gol bunuh diri berawal dari sepakan pojok yang dilakukan Febri Hariyadi. Berniat untuk membuang bola, Hasic justru mengarahkan bola ke arah gawang yang dijaga Syaiful.

Tertinggal 1-0, PSM pun terus melancarkan serangan. Sejumlah peluang terjadi namun masih bisa digagalkan kiper Persib, Teja Paku Alam.Hingga akhirnya pemain yang baru masuk menggantikan Ilham Udin Armaiyn pada menit 75, Saldy bisa menjebol gawang Persib. Skor berubah 1-1. Kedudukan imbang tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts menilai duel Maung Bandung kontra tim berjuluk Juku Eja tersebut merupakan pertandingan yang sangat menarik karena kedua tim mempunyai beberapa pemain bagus. Namun sayang, kata Robert, timnya masih kurang dalam melakkan kreatifitas dan belum melakukan penetrasi-penetrasi ke daerah pertahanan.

"Penampilan yang bagus dari kedua tim di pertandingan ini yang sudah menyuguhkan tontonan yang menghibur. Kami berupaya untuk meraih kemenangan di pertandingan terakhir di seri pertama ini, tapi kami kembali mendapat hasil seri," ujar Robert usai pertandingan.

Laga Persib melawan PSM itu menjadi laga pamungkas di seri pertama Liga 1 2021/2022. Dari enam pertandingan yang sudah dijalani, maung Bandung hanya bisa mengumpulkan 10 poin dari hasil dua kali menang dan empat kali draw.

Robert pun mengatakan dimasa jeda kompetisi selama 12 hari, dimana Liga akan kembali bergulir pada 15 Oktober nanti, dirinya akan melakukan evaluasi dan berlatih lebih keras lagi untuk memperbaiki performance di 6 pertandingan ini.

Pelatih yang pernah menangani PSM Makassar ini menyebutkan pemain belakang Persib termasuk pemain bertahan mereka di gelandang masih dalam track yang cukup baik. Tetapi, lanjut dia yang menjadi perhatiannya adalah bagaimana ketika mereka lebih dominan, ketika timnya melakukan penyerangan.Menurutnya itulah yang harus diperbaikinya.

"Kami punya waktu 12 hari dan akan menjalaninya dengan latihan keras untuk bisa memperbaiki kekurangan yang kami miliki," sebut Robert.

"Kami akan menganalisis atas penampilan kami sehingga tahu persis apa yang akan dilakukan selama periode 12 hari tersebut dan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi seri kedua," tambahnya.

Dipertandingan kali ini, Persib bermain tanpa dua center bek andalannya, Nick Kuipper karena akumulasi kartu kuning dan Victor Igbonefo yang tengah memenuhi panggilan pelatih Shin Tae Yong untuk memperkuat timnas Indonesia pada play off kualifikasi Piala Asia 2023.

Untuk menutupi posisi yang ditinggalkan dua bek andalannya itu, Robert pun menempatkan Supardi dari bek sayap kanan ke enter bek. Diposisi itu kapten tim Persib itu berduet dengan Achmad Jufriyanto. Melihat kinerja Supardi yang bermain bukan diposisinya itu dikatakan Robert hal itu sudah menunjukkan kedalam tim Persib sudah cukup.

"Saya pikir kita bisa lihat pertandingan tadi center bek kita tidak main lalu Supardi yang kita tahu bukan posisinya dia tapi bisa main disitu (bek tengah) dan ini menunjukkan bahwa kedalaman tim ini sudah cukup. Dan ketika Marc (Klok) tidak main karena akulumasi tentunya kita masih punya pemain yang bisa mengisi posisi itu," tegasnya.

Satu poin yang diraih Persib itu membuat Persib hanya bisa menempati posisi keempat di papan klasemen sementara Liga 1 2021/2022 dengan raihan 10 poin. (ely)

Pewarta: Ely
Editor: Agus Hermawan
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar