Encup Supriatna Raih Gelar Guru Besar Ilmu Sosiologi FISIP UIN Sunan Gunung Djati

Komunitas - Kamis, 6 Mei 2021

210506061914-benda.jpg

Ist

Encup Surpiatna berhasil meraih gelar Guru Besar (Profesor) Bidang Ilmu Sosiolgi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

JAVANEWSTV - BANDUNG Bendahara ICMI Orwil Jabar Encup Surpiatna berhasil meraih gelar Guru Besar (Profesor) Bidang Ilmu Sosiolgi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Raihan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28011/MPK.A/KP.05.01/2021 tentang kenaikan jabatan akademik/fungsional dosen, tertanggal 26 April 2021,
yang diserahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 3 Mei 2021 bertepatan dengan tanggal 21 Ramadhan 1442.

Dengan demikian Jabatan semula Lektor Kepala/766 yang disandangnya sejak 1 November 2009. Kementrian Agama pada Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, terhitung sejak tanggal 1 April 2021 dinaikan jabatannya menjadi Profesor/Guru Besar dalam Bidang Ilmu sosial dengan angka kredit sebesar 895,42.

Prof. Dr. H.Encup Supriatna., M.Si., yang dilahirkan di Cikampek 25 April 1963, Putra dari pasangan Bapak Moh.Siman dan Ibu Siti Komrah ketika ditemui Javanewstv seusai menerima SK Pengangkatan sebagai Profesor. Mengucap syukur Alhamdulillah kepada Illahi Robbi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua orang tuanya yang telah membesarkannya sejak kecil.

Selain itu juga mengucapkan terima kasih atas dorongan dan support dari saudara sekandung, Kakak yang paling tua, Kang H.A, Kosasih.M (Alm), Teh E,Sutini (Almh), Adik Santosa, Suharyati, dan Engkas Hidayat.

"Tanpa bantuan dan dorongan dari mereka saya tidak akan bisa seperti ini. Begitu juga kepada Istri tercinta Hj.Eneng Masroah, AMKeb yang selalu memotivasinya dan putra/putriku untuk selalu belajar kata ayah dari Riza Fitria.,MBA Alumni ITB, Agung Stani,SE Alumni UIN SGD, Teguh Mahasiswa Semester 1 Alghifari dan Sibungsu Cantika ( 7 Tahun).

Dikatakannya, pada hari Hari Senin, 3 Mei 2021 bertepatan 21 Ramadhan 1442.(malam lailatur qodar). Betul-betul malam yang sangat membahagiakan baginya dan keluarga langsung sujud syukur setelah mendapatkan SK Pengangkatan sebagai Guru Besar, yang juga merupakan kado ulang tahun ke 58.

Selain itu Prof Encup yang merupakan Alumni : SD 03 Cikampek Tahun 1976, Sekolah MTsN Cilamaya Tahun 1980, dan Alumni PGAN Cilamaya Tahun 1983. Menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam dalamnya kepada Bapak/Ibu Guru dan Kepala Sekolah SD.No. 03 Cikampek, MTsN Cilamaya dan PGAN Cilamaya.

"Tanpa tuntunan beliau-beliau saya tidak akan sampai seperti ini," ungkap Prof.Encup penuh rasa Syukur.

Jenjang Pendidikan tinggi mulai dari S1 sampai S 3 semuanya dilaksanakan di Bandung; Tahun 1989 Lulus S.1 Pada Fakultas Syariah IAIN Sunan Gunung Jati Bandung dengan mendapat predikat sebagai Sarjana Teladan.
Kemudian tahun 2002 Lulus S 2 ( Magister) di UNPAD Bandung bidang Ilmu Sosial/Sosiologi-Antropologi.

Setelah itu, 10 tahun kemudian yakni tahun 2012 Lulus S 3 ( Doktoral ) di UNPAD Bandung dengan mendalami keilmuannya yang sama bidang Ilmu Sosial/Sosiologi-Antropologi.

Selain menimba ilmu Formal , Prof.Encup juga mengikuti berbagai pelatihan Profesional lainnya diantaranya : Tahun 2009 mengikuti pelatihan Pemantau Tugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) yang diselenggarakan Gubernur Jawa Barat, melalui Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Provinsi Jawa Barat.

Tahun 2014 mendapat tugas sebagai Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPHI) dari Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat 2014 .

Prof Encup sejak tahun 2015 sampai sekarang bertindak sebagai Assesor Sertifikasi Haji Indonesia kerjasama Kerjasama UIN SGD Bandung dengan Kementerian Agama Jawa Barat. Tahun 2012 sampai sekarang, sebagai Instruktur pada Pelatihan Tenaga Ahli HIsab dan Rukyat tugas dari Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat.

Bahkan sejak 2019 sampai sekarang menjadi Tim Akreditasi KBIHU Se-Jawa Barat selaku tugas Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat.

Selama menjadi PNS/ASN pada UIN SGD Prof.Encup mendapat tugas sebagai Wakil Dekan 2 Bidang Administrasi, Keuangan dan kerja sama Fakultas Fisip UIN SGD Bandung (2012 2014). Bahkan menjadi Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fisip UIN SGD Bandung. (2015 2019 ).

Selain itu Prof.Encup, yang merupakan anak ketiga dari 6 bersaudara itu juga mengajar sebagai Dosen Luar Biasa di beberapa Lembaga Pendidikan dan Sekolah Tinggi. Antara lain IAID Ciamis 1998 sekarang ; STHI Gunung puyuh Sukabumi 1998 sekarang; INISI Siliwangi Bandung 2000-2005 dan UNIDA Bogor 2001-2007.
Termasuk menjadi dosen Tetap pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri SGD Bandung (2012Sekarang).

Selain Dosen beliau juga mendapat tugas dari Kemenag Provinsi Jawa Barat sebagai Ketua Tim Sertifikasi Tanah Wakaf. Selain itu menjadi Ketua Pelaksana Rapat Koordinasi Antara UIN SGD Bandung dengan Pemprov Jabar, Kemenag Jabar dan Balai Diklat Keagamaan Kemenag Jabar. Bahkan iapun menjadi Sekretaris Badan Hisab Rukyat Jabar dan pada tahun 2007-2009 Menjadi Tim Sertifikasi Wakaf Jawa Barat tugas dari Kemenag Jawa Barat.

Prof Encup juga sering terlibat dalam pelaksanaan Penelitan, Tahun 2016 Penelitian International Journal of Humanities and Social Sciences: (IJHRMR) Boarding Schools Mobility On Urban Communities (Case Study At Syamsul Ulum And Ibadurahman Boarding School Sukabumi).
Tahun 2017 judul penelitian International Journal of Humanities and Social Sciences: (IJHRMR) Modernization And Existence Of Madrais Teaching Groups (Case Study In District Cigugur Kuningan Regency, West Java) .

Tahun 2017 judul penelitian International Journal of Humanities and Social Sciences: (IJHRMR) : Beginner Voters Behavior: Study of The Simultaneous Regeonal Elections At Karawang Regency West Java.

Penelitian Tahun 2017dengan judul Penelitian Model Pengembangan Ilmu Politik di PTKIN Dalam Kerangka Pembangunan Masyarakat Demokrasi: Pengalaman UIN Syarief Hidayatullah Jakarta mendapat sumber dana dari LP2M UIN SGD Bandung.
Dan Tahun 2019 sebagai anggota penelitian "Konflik Keagamaan Di Indonesia (Studi Tentang Pola Konflik dan Model Penanganan Konflik Keagamaan di Jawa Barat).

Pada Tahun 2015 Prof Encup sudah menerbitkan buku berjudul PERKEMBANGAN POLITIK DAN SISTEM BIROKRASI DI BEBERAPA NEGARA yang diterbitkan CV PUSTAKA SETIA.

Tidak hanya itu saja, Karya Tulis Ilmiah yang di tulis Prof Encup Karya tulis/Journal antara lain :

1.Tahun 2016 International Journal of Humanities and Social Sciences: Boarding Schools Mobility On Urban Communities (Case Study At Syamsul Ulum And Ibadurahman Boarding School Sukabumi) . http://www.iaset.us

2.Tahun 2017 International Journl of Human Resource Management and Research (IJHRMR): Modernization And Existence Of Madrais Teaching Groups (Case Study In District Cigugur Kuningan Regency, West Java) http://www.tjprc.org

3.Model Pengembangan Ilmu Politik di PTKIN Dalam Kerangka Pembangunan Masyarakat Demokrasi: Pengalaman UIN Syarief Hidayatullah Jakarta Penerbit LPPM UIN SGD BANDUNG Tahun 2017

4.Implementasi Kebijakan Program Beras Sejahtera di Kabupaten Pangandaran, penerbit JISPO fisip BDG Tahun 2017.

5.Beginner Voters Behavior : Study of The Simultaneous Regional Elections at Karawang Regency, West Java penerbit Jurnal Mamangan Tahun 2017;

6.Pattern of Ethnic Coalition in Regional Head Election: Evidence From Indonesia, penerbit Jurnal International Tahun 2020;

7.Pengantar Sosiologi Penerbit LPPM UIN SGD BANDUNG Tahun 2016;

8.Perkembangan Politik Dan Sistem Birokrasi Di Beberapa Negara - CV PUSTAKA SETIA Tahun 2015

9.Antropologi Hukum - CV PUSTAKA SETIA Tahun 2012
10.Hisab Rukyat Dan Aplikasinya diterbitkan oleh CV PUSTAKA SETIA Tahun 2018
11.The Vulnerability and Social Resilience of Indoneian Society I Facing the COVID 19 (Artikel Scholar)

Aktif Menjadi Peserta Konferensi/Seminar/Lokakarya/Simposium :
1.Elementary English Course Yang Diselenggarakan Harvard English College Tahun 1992 ,

2.Intermediate English Course Harvard English College Tahun 1997 ,

3.Toefl Course British Language College Of Indonesia Bandung Tahun 2001

4.Pelatihan Tenaga Teknis Hisab Rukyat Sistem Komputer Dirjen Bimas Islam Dan Haji Tahun 2002;

5.Pendidikan Dan Pelatihan Fasilitator Hisab Rukyat Tingkat Terampil Nasional Balai Diklat Depag Ri 2007;

6.The Minsistry Of Religious Affairs Sunan Gunung Djati State Islamic University, UIN SGD Bandung 2011

7.Workshop Pelaksanaan Beban Kerja Dosen Dan Laporan Keneierja Dosen Fakultas Syariah Dan Hukum UIN SGD Bandung 2011

8.Pelatihan Penyusunan Laporan Beban Kerja Dosen Fisip Uin Sgd Bandung Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik UIN SGD Bandung Tahun 2013

9.Pelatihan Profesionalitas Tenaga Pendidik Dosen Dalam Pengembangan Model Pembelajaran, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik UIN SGD Bandung 2013;

10.Seminar Nasional Kependudukan Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik UIN SGD Bandung 2012 ;

11.Workshop Revisi Kurikulum Dan Epsbed Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik UIN SGD Bandung 2013;

12.Penerbitan Jurnal Socio-Politica Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Uin Sgd Bandung Tahun 2013;

13.Pelatihan Ict Dosen Dan Karyawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UIN SGD Bandung 2013,;

14.Lokakarya Wawasan Kebangsaan , Kemenag Jabar Tahun 2019

Beliau juga sering kali menjadi narasumber antara lain :

1.Pemateri Hisab Rukyat undangan dari Persis Jabar Tahun 2008

2.Trainer Hisab dan Rukyat Jawa Barat sejak tahun 2003 sekarang Kemenag Jabar

3.Trainer Hisab dan Rukyat Jawa Barat Tahun 2011 sekarang Balai Diklat Keagamaan Jakarta;

4.Instruktur Pelatihan Kepemimpinan bagi para mahasiswa Fisip UIN SGD Bandung tahun 2013 ;

5.Instruktur Pelatihan Internet Bagi Mahasiswa AMIK HASS Bandung Tahun 2005

6.Pemateri Sistem Informasi Manajemen pada pelatihan Manajemen jurusan/prodi Managemen, pada Jurusan managemen Fisip UIN Bandung 2013

7.Pemateri Islam dan Kenegaraan pada Jurusan Sosiologi Fisip UIN Bandung Tahun 2013.

8.Sebagai narasumber pada Kajian Al-Quran dan Sains Tema Penentuan 1 Syawal berdasarkan Hisab dan Rukyat yang diselenggarakan ICMI Orwil Jabar Tahun 2021.

"Dengan di angkatnya saya sebagai Guru Besar pada FISIP UIN Sunan Gunung Djati, semoga dapat memotivasi dan meningkatkan kwalitas pendidikan mahasiswa UIN SGD khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik," pungkas Prof. Encup . (wan)

Penulis/Pewarta: Wawan
Editor: Agus Hermawan
©JAVANEWS.TV 2021