Tokoh dan OKP Dukung Musda KNPI Jabar 2021 di Garut

News - Kamis, 26 Agustus 2021

210826074754-tokoh.jpg

JAVANEWS | BANDUNG,- Tokoh dan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) Jawa Barat berharap semua pihak dapat menjaga kondusifitas dan mendukung digelarnya musyawarah daerah XV Pemuda/KNPI Jawa Barat yang digelar di Kabupaten Garut. Terlebih kondisi pemuda Jawa Barat yang tercermin dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sudah sangat baik. Selain persatuannya yang terjaga, program kepemudaan pun sudah berjalan seiring soliditas dalam tubuh organisasi tersebut.

Hal ini disampaikan sejumlah tokoh dan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) Jawa Barat saat menggelar pertemuan di Bandung, Rabu (25/8). Seluruh unsur terkait KNPI ini memastikan soliditasnya untuk mendukung digelarnya musyawarah daerah XV Pemuda/KNPI Jawa Barat yang digelar di Kabupaten Garut.

Mantan ketua KNPI Jawa Barat periode 1997-2001, Agus Salide, mengatakan, pihaknya bersama seluruh OKP yang bernaung dalam organisasi tersebut mendukung digelarnya musda yang salah satu agendanya memilih ketua umum yang baru.

"Kami bersiap-siap menuju lokasi musda, jadi kami bertekad bahwa hasil kesepakatan kami, dengan mempertimbangkan berbagai hal, kami bertekad melaksanakan musda tanggal 25 sekarang ini," katanya.

Menurutnya, musda yang dilaksanakan sekarang ini sudah sesuai tahapan dan AD/ART organisasi sehingga tidak ada alasan prinsip untuk ditunda. "Ini sudah dipersiapkan dengan baik, sesuai aturan, dan ini berdasarkan keinginan semua stakeholder di KNPI Jawa Barat," tegasnya.

Oleh karena itu, dia meminta pihak-pihak yang meminta musda ini ditunda untuk berpikir bijak terlebih jika hanya karena unsur politis. "Ini kawah candradimuka untuk melahirkan pemimpin bangsa. Kalau kita cederai kebersamaan itu, apalagi karena punya agenda politik praktis, itu tidak benar," ucapnya.

Hal serupa disampaikan Sekretaris FKPPI Jawa Barat, Sally Fabian. Menurutnya, soliditas KNPI Jawa Barat sudah baik sehingga meminta tidak ada pihak luar yang merusak.

"Ini berbeda dengan di DPP KNPI yang terpecah," ujarnya. Oleh karena itu, dia meminta semua unsur DPP KNPI agar mendukung musda ini demi terjaganya persatuan KNPI Jawa Barat.

"Tidak boleh menghambat, ini untuk kepentingan pemuda Jawa Barat dan nasional. Kami semua OKP siap menghadapi yang menghambat dengan segala risikonya. FKPPI terdepan untuk melawan itu," ujarnya.

Sekretaris MPW Pemuda Pancasila Jawa Barat, Dian Rahadian, menilai, legalitas formal yang dipersoalkan salah satu DPP KNPI tidak relevan karena organisasi di tingkat pusat itu terpecah menjadi 4. "Sudah tidak ada relevansinya karena DPP-nya banyak," ucapnya.

Meski begitu, menurutnya persyaratan administrasi musda KNPI Jawa Barat ini sudah ditempuh dan sesuai AD/ART. Hal inipun dibenarkan Wakil Ketua Umum DPP KNPI versi ketua umum

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum DPP KNPI (versi kongres Borobudur 2018), Pamriadi, mendukung pelaksanaan musda KNPI Jawa Barat. Dia memastikan merestui kegiatan itu karena sesuai dengan AD/ART.

"DPP KNPI kami punya SK Kemenkumham. Kami memastikan musda ini legal dan sah. Ketua umum kami akan hadir beserta unsur DPP lainnya," ujarnya. (wan)

Penulis/Pewarta: Wawan
Editor: Agus Hermawan
©JAVANEWS.TV 2021