Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Laswee Creative Space

Gedung Sate - Selasa, 23 November 2021

211124113803-guber.jpg

IST

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan Laswee Creative Space di Jalan Laswi No 1 Kota Bandung, Selasa (23/11/2021).

JAVANEWS | KOTA BANDUNG,– Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Laswee Creative Space di Jalan Laswi No 1 Kota Bandung, Selasa (23/11/2021).

Laswee Creative Space merupakan ruang kreatif masyarakat untuk berkreasi, diskusi hingga tempat ngopi. Gedung seluas 2.833 meter yang diubah menjadi kawasan kreatif oleh Koperasi Bima Sejahtera Sentosa dan PT Olah Kelola Ruang merupakan aset milik Pemerintah Daerah Provinsi Jabar.

Menurut Ridwan Kamil, perubahan fungsi aset milik pemerintah itu adalah instruksi dari Menteri Keungan RI Sri Mulyani. Aset milik Pemerintah Pusat dan daerah yang tidak termanfaatkan agar bisa dikelola oleh masyarakat selama menghasilkan nilai ekonomi. Pada saat sulit akibat pandemi COVID-19 pendapatan pemerintah turun drastis terutama dari sektor pajak.

"Pada saat pajak turun maka harus meningkatkan pendapatan dari sumber lain yaitu BUMD dan aset-aset pemerintah yang dimanfaatkan secara ekonomi dan bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Ia mengungkapkan, saat ini ada ribuan aset milik Pemda Provinsi Jabar yang belum termanfaatkan mulai dari bangunan hingga tanah kosong. Dari seluruh aset tersebut baru sekitar 5 persen yang digunakan.

"Ada ribuan aset Pemda Provinsi Jabar yang belum termanfaatkan, bagaimana kecepatan kita supaya aset-aset dikerjasamakan. Ini baru aset Provinsi saja yang lokasinya sangat strategis kebanyakan di tengah kota," ungkapnya.

Gubenur membuka pintu lebar – lebar jika ada pihak yang ingin memanfaatkan aset pemda asalkan dilakukan melalui prosedur yang benar dan untuk sebesar – besarnya kesejahteraan ekonomi masyarakat. “Terpenting bermanfaat bagi semua," katanya.

Laswee Creative Space kini menjadi daya tarik baru Kota Bandung. Komunitas bisa memanfaatkan fasilitas di dalam dan luar untuk kegiatan rutin. Berada di lokasi strategis Laswee Creative Space dapat menampung 300 pengunjung dalam setiap event dengan kondisi tanpa pandemi. Masyarakat umum juga bisa menikmati aneka kuliner, kedai kopi hingga fesyen di area retail space. (wan)

Penulis/Pewarta: Wawan
Editor: Agus Hermawan
©JAVANEWS.TV 2021