Melalui Program JQR, Kang Emil Ubah Gubuk Reyot Mak Esih Jadi Rumah Layak Huni

Gedung Sate - Kamis, 12 Mei 2022

220512194200-melal.jpg

ist

JAVANEWS | BANDUNG,- Mak Esih (85) kini bisa bernafas lega setelah Jabar Quick Response (JQR) menyalurkan dana bantuan perbaikan rumahnya. Mak Esih merupakan potret warga tak mampu yang tinggal di sebuah gubuk reyot di Jalan Baturengat, Kelurahan Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung.

Prosesi penyaluran bantuan dilaksanakan di kantor Kelurahan Cigondewah Kaler disaksikan oleh Lurah Cigondewah Kaler, Kepolisian, LPPM,PKK, tokoh masyarakat dan perwakilan keluarga. Dalam kesempatan tersebut dijelaskan dibentuknya panitia pembangunan rumah Mak Esih dari unsur masyarakat dan aparatur kewilayahan.

Manager Operasional JQR Nizar Ilyassa mengatakan mengatakan, mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, tim JQR segera menidaklanjuti informasi kemalangan yang ditimpa Mak Esih dengan prosedur verifikasi serta survey. Setelah hasil survey di lokasi tim segera menindaklanjuti dengan memberikan dana bantuan pembangunan rumah.

“Dana yang diberikan merupakan dana stimulus pembangunan, JQR juga mengajak pihak lainnya untuk ikut berkontribusi membantu Mak Esih agar tinggal di rumah yang layak huni, ”ujarnya.

Nizar menjelaskan, berdasarkan hasil survey diketahui dalam kesehariannya Mak Esih bergantung kepada keluarga, warga sekitar dan bantuan dari pemerintah. Pembangunan rumah akan dilakukan secara gotong royong dari warga setempat. Selama proses pembangunan, Mak Esih akan tinggal di rumah sementara yang disiapkan oleh aparatur kewilayahan.

“Semoga kolaborasi ini menjadi pemantik atau contoh untuk saling gotong royong jika menemukan kejadian serupa di wilayah Cigondewah,”tutupnya. (wan)

Penulis/Pewarta: Wawan
Editor: Agus Hermawan
©JAVANEWS.TV 2022