Penyuluhan Pencarian dan Pertolongan Bagi Potensi SAR Jawa Barat

News - Jumat, 26 Agustus 2022

220825222129-penyu.jpg

Foto: Istimewa

Penyuluhan Pencarian dan Pertolongan Bagi Potensi SAR Jawa Barat

JAVANEWS.TV I KAB GARUT,- Dalam rangka meningkatkan kompetensi Potensi SAR di Jawa Barat, Direktorat Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan mengadakan Penyuluhan Pencarian dan Pertolongan di Kampung Bareto Wisata Budaya dan Edukasi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan dua hari, Rabu- Kamis (24-25/8) ini diikuti oleh 48 peserta dari berbagai elemen masyarakat dan organisasi di Jawa Barat khususnya di Kab. Garut.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Bina Potensi, Moch. Hernanto didampingi oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Jumaril.

Dalam sambutannya Direktur Bina Potensi menjelaskan bahwa berbagai upaya dilakukan Basarnas untuk mensosialisasikan Basarnas ke masyarakat, salah satu bentuknya dengan Penyuluhan seperti yang dilaksanakan sekarang.

Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya pencegahan di bidang pencarian dan pertolongan, sehingga seluruh masyarakat memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama tentang SAR, ungkapnya.

Hernanto juga menjelaskan, banyaknya musibah yang terjadi di Garut akhir-akhir ini adalah alasan perlunya kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan di Kabupaten Garut.

Bahkan bulan lalu, akibat intensitas hujan yang tinggi ada 13 titik di Kabupaten Garut yang terendam banjir. Dari kejadian-kejadian inilah kita perlu meningkatkan kesiapsiagaan kita untuk menghadapai bencana atau musibah, ungkapnya.

Kegiatan penyuluhan ini mengambil tema Melalui Diseminasi SAR kita tingkatkan Kesiapsiagaan Diri dan Lingkungan Menghadapi Kondisi Darurat Baik pada Kecelakaan, Bencana, Maupun Kondisi Membahayakan Jiwa Manusia.

Materi yang diberikan dalam kegiatan penyuluhan kali ini adalah tentang teknik dasar pertolongan pertama yang disampaikan oleh tenaga-tenaga pengajar dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung. Koordinator Instruktur, Rahmat Pamuji, menyampaikan bahwa materi yang diberikan di antaranya Pengantar Pertolongan Pertama, Penilaian Korban, Pemindahan Korban, BHD dan RJP, Cidera alat gerak dan triage.

Penulis/Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©JAVANEWS.TV 2022