Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman Hias

Gaya Hidup - Sabtu, 27 Agustus 2022

220827145235-manfa.jpeg

Foto: Net

Ampas Kopi

JAVANEWS.TV I BANDUNG,- Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman Hias seperti dikutip CNN Indonesia

Penambah kandungan nitrogen

Manfaat ampas kopi untuk tanaman hias selanjutnya adalah penambah sumber nitrogen organik pada tanah. Lantas, apa fungsi nitrogen bagi tanaman?
Nitrogen bisa merangsang pertumbuhan tanaman. Mulai dari akar, batang, sampai daun. Dengan begitu, tanaman akan lebih mudah tumbuh dan berbunga.


Mencegah jamur

Pertumbuhan tanaman hias bisa terganggu bila ada jamur. Untuk itu, penting untuk mencegah pertumbuhan jamur pada tanaman hias.


Salah satu caranya adalah dengan menggunakan ampas kopi. Pasalnya, kandungan kafein pada ampas kopi ternyata bisa menangkal infeksi jamur pada tanaman hias.

Caranya mudah, cukup taburkan ampas kopi di sekitar batang dan pangkal tanaman. Hal ini bisa dilakukan setiap dua minggu sekali.

Pelindung tanaman atau mulsa

Selain mencegah jamur, ampas kopi juga bisa melindungi tanaman dari risiko lain. Misalnya, erosi, penahan kadar air berlebih, menjaga kelembapan suhu tanah, sampai mencegah penyakit pada tanaman.

Manfaat ampas kopi untuk tanaman hias sebagai mulsa ini muncul ketika ampas kopi mulai membusuk di dalam tanah. Proses pembusukan ini menghasilkan nitrogen.


Pengusir hama

Ampas kopi juga bisa mengusir hama, seperti bekicot dan siput telanjang. Kedua hama ini kerap menghambat proses pertumbuhan tanaman hias karena suka memakan daun tanaman.

Penelitian menunjukkan bahwa kafein merupakan zat yang beracun bagi siput. Kafein pada ampas kopi bisa membuat siput menghindari tanaman.

Bahkan, bisa mencegah siput untuk beranak-pinak di sekitar tanaman. Selain kedua hama tersebut, aroma dari ampas kopi rupanya juga tak disukai kupu-kupu, sehingga bisa mencegah munculnya ulat daun.

Cara menggunakan ampas kopi untuk mengusir hama mudah. Taburkan ampas kopi di sekitar tanaman hias agar hama tidak mau mendekat.

Namun perlu diingat, jangan menaburkan ampas kopi terlalu banyak atau tebal karena bisa menghambat air masuk ke tanah.

Campuran pupuk kompos

Ampas kopi bisa digunakan sebagai campuran untuk membuat pupuk kompos. Cara membuat pupuk dari ampas kopi hanya tinggal mencampurkan ampas kopi dengan bahan-bahan pupuk kompos lainnya, seperti sisa sayuran, kulit buah, daun-daun kering, umbi-umbian, hingga cangkang telur.

Aduk ampas kopi dengan berbagai limbah dapur tersebut, kemudian beri ke tanaman hias. Ini akan memberikan nutrisi bagi tanaman hias, sehingga bisa tumbuh sehat.

Tak hanya menyehatkan tanaman, pupuk kompos buatan sendiri juga bisa mengurangi limbah dan emisi gas rumah kaca. Yang tak kalah penting, ramah di kantong alias tak perlu mengeluarkan uang.

Itulah manfaat ampas kopi untuk tanaman hias. Jadi mulai sekarang, jangan langsung buang ampas kopi karena bisa digunakan untuk tanaman hias di rumah. Selamat mencoba.

Penulis/Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©JAVANEWS.TV 2022