Penyebaran Covid-19 Makin Mengkhawatirkan, Langkah Ini Yang Digenjot ICMI Jabar

  • Redaktur by Wawan Jumat, 17 Apr 2020, 06:38


JAVANEWS.TV | BANDUNG RAYA,-
Untuk yang ketiga kalinya, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Jawa Barat bekerjasama dengan PMI Jawa Barat menggelar kegiatan Bakti Sosial Pencegahan Penyebaran Covid-19, pada Kamis (16/4/2020). Kali ini kegiatan penyemprotan cairan disinfektan dilaksanakan di mesjid mesjid yang ada di wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang.

Pada pelaksanaannya, kegiatan penyemprotan dilaksanakan menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama di Kabupaten Bandung Bagian Timur dipimpin langsung oleh Ketua ICMI Jabar Prof. Dr. H. Moh.Najib, M.Ag. beserta Ketua ICMI PEDULI Dr.H. Rajaminsyah,SH, M.MPd. sebagai Ketua Satgas, Dr.H.Encup Supriatna.,M.Si Bendahara ICMI Jabar dan Sekretaris Andri Sutira. Kegiatan meliputi daerah Ranca Ekek – Cikancung- Cicalengka Ranca Ekek dan Desa Sayang Kabupaten Sumedang,

Sementara kelompok kedua melakukan kegiatan di Kab.Bandung meliputi Daerah Cibiru-Cinunuk - Cileunyi dan Jatinangor Dipimpin Sekretaris ICMI Orwil Jabar Dr. H. Ujang Saefullah, M.Si. didampingi Ketua Koorlap Drs. H. Marnawie Munamah, MM., Ibu El Fira Anggota Bidang Ekonomi Property Alisa Khadijah ICMI Jawa Barat, dan Ibu Euis Mully Wakil Bendara ICMI Jabar.

Ketua ICMI Orwil Jabar Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag. mengakatan, kegiatan ini merupakan kali ketiga ICMI melakukan bakti sosial Pencegahan Penyebaran Covid-19. Sebelumnya minggu yang lalu ICMI Jabar bersama PMI Jabar melakukan penyemprotan cairan disinfektan tahap pertama di wilayah Kota Bandung, dan kedua di Kota Cimahi serta Kab. Bandung Barat.

“Sesuai dengan program kerja ICMI Jabar, kegiatan bakti sosial penyemprotan disinfektan di masjid-masjid, panti dan Yayasan SLB, insya Allah akan terus dilanjutkan. Hari ini adalah kegiatan yang ketiga setelah minggu yang lalu ICMI Orwil Jabar bersama dengan PMI Jabar telah melaksanakan penyemprotan di wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi”, ujar Najib.

Dikatakannya, sasaran dari kegiatan kali ini adalah masjid-masjid yang masih melaksanakan sholat Jum’at dan sholat wajib berjamaah lainnya di wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang.
Baca Juga:

Mantul...Crazy Rich Indonesia Bantu Pemerintah Perangi COVID-19

Rumah Zakat Salurkan APD dan Makanan Bergizi Bagi Petugas Medis Covid-19


“Sasaran utama adalah masjid-masjid yang masih melaksanakan Sholat Jumat, karena walau bagaimanapun masih ada masyarakat dan DKM yang masih melaksanakan Jumatan sesuai keyakinan mereka itu. Ternyata masjid-masjid yang tidak melaksanakan sholat Jumat, alhamdulillah masih tetap melaksanakan Sholat berjamaah dengan melaksanakan sesuai protokoler dari pemerintah dengan mengatur jarak dalam setiap shapnya ke kiri, kanan, belakang dan depan dengan jarak 1 meter sehingga tidak ada kontak fisik dalam melaksanakan ibadah, mudah-mudahan dengan cara begitu tidak akan terjadi penyerabaran Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Satgas Peduli ICMI Jabar Dr.H. Rajaminsah, SH., M.MPd. mengatakan, kegiatan penyemprotan ini adalah untuk menjaga dan mengamankan bagi jamah jamah yang masih beribadah di masjid-masjid agar terhindar dari Covid-19.

“Kami berusaha ICMI Jabar dan PMI Jabar, berusaha bagaimana menyelamatkan, menjaga dan mengamankan bagi jamah jamah yang masih beribadah di masjid-masjid. Dan kegiatan kerjasama dengan PMI Jabar-ICMI Jabar juga kedepannya akan mengadakan kegiatan donor darah, dan kegiatan-kegiatan kemanusiaan lainnya”, tegas Rajaminsah.

Rajaminsah juga mengucapkan terima kasih kepada para pengurus dan anggota ICMI Jawa Barat, yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu meringankan beban masyarakat dan juga untuk pengadaan APD untuk petugas Puskesmas sebagai garda terdepan dalam melayani pasien dan mengajak masyarakat untuk berpartisasi aktif kegiatan bakti sosial ini, Dan Alhamdulillah Sumbangan dari Para pengurus ICMI dan para Simpatisan dana yang terkumpul
minggu Kemarin sudah kami belikan APD dan pada hari ini telah kami distribusikan APD tersebut kepada .: 1). Puskesmas Rawat Inap Cimalaka Pimpinan Kepala Hj.Ratna Wulan, Jl.Raya Tanjung Kerta No 72 Kec Cimalaka Kel : Cimalaka , Kab. Sumedang 2). Puskesmas Kotakaler Jl.Sopian Iskandar No. 34 Kotakaler Kecamatan:Sumedang Utara Kabupaten Sumedang Pimpinan Maya Rosmayati,Skm.MM .3). Puskesmas Cinunuk Pimpinan dr. Elfi Rumah Sakit 4). RS. AMC
Cileunyi Pimpinan dr. Nurleli , 5). RSUD Ujung berung 6). Puskesmas Cibiru Hilir Pimpinan dr.Iyos , 7). Puskesmas Cileunyi drg. Endang 8). Poliklinik KSA IPDN Pimpinan dr. Dewi , 9).Puskesmas Cibiru Pimpinan dr.Dewi Ratnasari.

“Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam memberi bantuan finansial dapat menyalurkannya kepada panitia Peduli ICMI melalui Rekening BRI: 7921-01 004724- 53-0 an. Neneng Ahiatul Faiziah (Bendahara ICMI PEDULI). Untuk itu masyarakat juga dapat berpartisifasi dalam penanggulangan dampak dari Covid-19, Alhamdulillah per tanggal 16 April 2020 sudah masuk ke rekening sebesar Rp. 20 juta, semoga para dermawan yang telah mempercayakan kepada Panitia ICMI PEDULI, mendapat ganti dari Allah SWT yang berlipat lipat, dan semoga bantuan yang akan kami salurkan betul-betul tepat sasaran bagi yang yang benar-benar membutuhkannya, namun untuk sementara akan kami gunakan kepada yang lebih urgen dulu yaitu menyediakan APD yang masih dirasakan bagi petugas di Puskesmas-Puskesmas," pungkas Rajaminsah. (wan)

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..