210425123624-rober.jpg

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts (persib official)

Robert: Persib Tidak Akan Menyerah Hingga Wasit Menyelesaikan Pertandingan


JAVANEWS | BANDUNG,- Tertinggal 2-0 dari Persija Jakarta, pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts pastikan timnya sudah tahu tugas yang dihadapi saat bertemu kembali dengan Persija di leg kedua babak final turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021).

Robert mengatakan kalah 2-0 dilaga pertama membuat timnya dalam kondisi mendebarkan sekarang ini. Disebutkan Robert, mereka seakan tertidur dibabak pertama dan memberikan kesempatan bagi Persija untuk memimpin.

"Mereka pantas mendapatkan itu (kemenangan) karena kami tidak bermain sesuai dengan ekspektasi. Sekarang kami harus menatap itu. Saya tahu pemain akan bekerja jauh lebih baik besok dan kami melihat ke depan untuk pertandingan," ujar Robert pada preskon prematch, Minggu (25/4/2021).

Mengingat laga besok merupakan penentu siapa tim yang akan keluar sebagai juara, bukan tidak mungkin akan terjadi adu penalti untuk menentukannya. Namun pelatih berkebangsaan Belanda ini berharap pertandingan bisa diselesaikan untuk keunggulan Persib usai 90 menit.

"Kami masih memiliki waktu 90 menit untuk bermain dan akan coba mencapai apa yang kami inginkan. Kami ingin menang di laga besok, kami ingin menang dengan hasil yang cukup tanpa harus melalui adu penalti," sebut Robert.

Kemenangan Persija di leg pertama tidak lepas dari gol cepat yang dibuat Braif Fatari pada menit 1. Hanya berselang 6 menit, Taufih Hidayat kembali mencetak gol untuk keunggulan Persija. Dua gol diawal pertandingan itu pun membuat Persib tidak berkutik sehingga tak bisa membalasnya.

Saat ditanya tentang kemungkinan Persib untuk mencetak gol cepat, Robert pun menjawab kalau di sepakbola kita tidak bisa berkata di menit berapa gol akan dicetak. Menurutnya dalam sepakbola mereka hanya tahu kalau mereka seakan tertidur diawal laga pertama.Pihaknya pun sudah menganalisanya bahwa merek tidak cukup waktu untuk recovery.

Sedangkan Persija, kata Robert punya waktu recovery 24 jam lebih banyak sebelumnya dan itu sangat penting di tahap turnamen seperti ini. Sementara Persib sudah tinggal di hotel hampir dua pekan dan melakukan perjalanan, oleh sebab itulah mereka tidak bisa beraksi seperti biasanya. Dan itulah alasan yang jelas bagi Robert.

"Sekarang kami menghadapi waktu recovery yang berbeda dan kami ingin mencetak gol. Tapi saya tidak bisa meminta pemain mencetak gol di menit pertama, di menit 30 atau 45. Kamu bisa mencetak dua gol pada injury time, itu pernah terjadi sebelumnya di sepakbola saat tim terbesar di dunia sempat tertinggal tapi berhasil membalikkan keadaan. Kamu tidak boleh menyerah hingga wasit menyelesaikan pertandingan," tegasnya. (ely)

Editor: Agus Hermawan

Komentar