Kenali Fungsi Tombol di Setang Motor Balap MotoGP

  • Redaktur by rahmat Rabu, 17 Jun 2020, 14:00

Foto: net

JAVANEWS.TV I BANDUNG,-

Motor balap yang digunakan pada ajang balap MotoGP merupakan motor purwarupa, tidak dijual secara umum. Maka itu, teknologi yang digunakan juga berbeda.

Termasuk juga panel instrumen yang ada di bagian setang. Jika pada motor biasa umumnya menggunakan saklar, di motor balap MotoGP menggunakan tombol. Tombol-tombol tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Melansir KOMPAS.com, para pebalap diharapkan dapat menggunakan tombol-tombol tersebut sesuai dengan fungsinya di tengah balapan, saat motor sedang melaju ratusan kilometer per jam, dan tetap bisa fokus.

Di setiap lap, pebalap harus melakukan lebih dari sekadar akselerasi, rem, menikung, dan ganti gigi.

Motor, dan seringkali kondisi trek, mengalami banyak perubahan saat balapan. Rem dan roda mengalami keausan, membuat kontrol traksi yang lebih besar diperlukan. Bahan bakar yang dikonsumsi juga membuat motor menjadi lebih ringan.

Baca Juga:

Belum 100% Bugar, Marquez Tak Sabar Libas Para Pesaingnya di MotoGP Qatar

Rasakan Sakit, Rossi Akui Mulai Ringkih Jalani MotoGP 2019

Dalam keadaan ini, setting yang dilakukan pada motor di awal balapan tidak lagi berlaku, dan pebalap harus membuat penyesuaian sendiri.

Sebelum balapan dimulai, motor dikonfigurasi menggunakan data yang dikumpulkan selama sesi pelatihan. Setelah balapan dimulai, terserah kepada pebalap untuk mengendalikan beberapa penyesuaian ini, dan dia harus melakukannya saat mengendarai motor dengan kecepatan tinggi.


ECU Adjustment

ECU memungkinkan pebalap untuk melakukan konfigurasi kontrol traksi, anti-wheelie, tenaga mesin, dan sistem pengereman. Ada juga pengaturan lain untuk pembatas kecepatan pitlane.

Penyesuaian ini dapat berubah tergantung di mana pebalap berada di sirkuit, yang berarti bahwa pebalap memiliki puluhan skenario untuk dipilih selama satu lap.

Pebalap memiliki serangkaian tombol pada setang yang memungkinkan mereka untuk memilih penyesuaian dan sistem yang ingin mereka ubah. (MAT)

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..