Dorong Ekonomi di Kab.Bandung, Pemuda Wakaf LWPNU Kembangkan Desa Selfie

  • Redaktur by Wawan Sabtu, 27 Jun 2020, 15:06


JAVANEWS.TV | KAB.BANDUNG,-
Sebagai upaya untuk mendorong potensi wisata di wilayah Kabupaten Bandung, Pemuda Wakaf LWPNU kembangkan program desa selfie di beberapa objek wisata yang ada di wilayah Kab.Bandung.

Ketua Pemuda Wakaf LWPNU A. Syarifudin mengatakan, Kabupaten Bandung merupakan daerah yang memiliki beraneka ragam potensi. Seperti halnya Keindahan alam, Sentra kerajinan, seni dan budaya. Menurutnya potensipotensi itu tentu harus dikembangkan agar dapat membawa dampak positif meningkatkan perekonomian di Kabupaten Bandung.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa daerah-daerah yang memiliki tiga puluh satu kecamatan ini memiliki banyak ragam potensi alam, Sentra kerajinan, seni dan budaya, sehingga banyak wisatawan domestik maupun luar negeri yang ingin menikmati keindahan alam, seni dan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Bandung," jelasnya, Sabtu (27/6/2020).

Diungkapkannya untuk mengembangkan potensi tersebut, Pemuda Wakaf LWPNU pun mengggelar program Desa Selfie. Desa Selfie lebih bergerak pada bidang pengembangan pariwisata yang berbasis Sentra Industri Lokal, budaya dan Keindahan Alam. Desa Selfie yang terdapat di Kabupaten Bandung menawarkan berbagai macam potensi yang dimiliki antara lain pemandangan bentangan sawah yang masih sejuk, Pegunungan yang indah, seni dan budaya.

"Bahkan berdasarkan latar belakang tersebut maka para peneliti pun tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pemberdayaan masyarakat untuk memajukan Perekonomian," katanya.

Dipaparkannya, setiap Desa/kelurahan di Kab.Bandung, memiliki potensi dan keunikan yang berbeda-beda, dengan potensi dan aneka ragam sentra industri sehingga akan menjadi daya tarik pariwisata. Adapun potensi yang di miliki anatara lain, keindahan Alam, baik itu Pegunungan, Bentangan hamparan sawah yang luas, Sungai, Hutan dan Air Panas. Termasuk peternakan, pertanian, aneka Sentra Industri dan budaya.

Seperti halnya potensi Cicalengka Bukit Teletubbies. Menurutnya, keindahan bukit–bukit yang ada di Cicalengka ini dapat dikatakan memang sama persis dengan bukit yang ada di serial tv tersebut. Bukit Teletubbies ini letaknya masih dalam kawasan hutan lindung Gunung Masigit Kareumbi. Dengan begitu lokasi dari Bukit Teletubbies ini masih cukup dekat dengan Curug Cinulang.

"Jadi saat kalian berlibur ke Curug Cinulang, wisatawan pun bisa berkunjung ke Bukit Teletubbies," jelasnya.
Baca Juga:

Pahala Amal Terus Mengalir, Tokoh Ini Wakafkan Tanahnya Untuk Umat

Pulihkan Perekonomian Masyarakat, Pemuda Wakaf LWPNU Lakukan Terobosan Kolaborasi Dengan Kelompok Tani


Begitu juga dengan potensi wisata Kampung Tusuk Sate dan Anyaman Bambu di Bojongkoneng, Desa Kutawaringin Kec. Kutawarngin. Berlimpahnya bahan baku dan Ramenya orderan Tusuk sate menjadi peluang besar bagi pengerajin Tusuk sate disana.

"Bahkan ada juga kampung Jeans & Gamis," katanya.

Dikatakannya, Kutawaringin Kabupaten Bandung sejak tahun 80-an lalu dikenal sebagai Desa konveksi. Awalnya, hampir sebagian besar penduduk desa itu dulunya berusaha di bidang pembuatan kain tenun, namun pada perkembangannya berubah menjadi konveksi yang memproduksi pakaian jadi, terutama sejak awal tahun 90-an.

"Hampir 80% penduduk di Panyirapan memang pengusaha rumahan konveksi," katanya.



Tidak hanya itu saja ada juga objek wisata Kampung Seni Budaya Jelekong Baleendah Kab.Bandung. Dimana lokasi ini seakan mirip Ubud Bali yang menjadi gudang seniman handal dari seniman Giriharja Jelekong terkenal sebagai seniman wayang golek, seni lukis, serta sejumlah kesenian lainnya seperti sisingaan, jaipongan, pencak silat, dan lainnya.

"Terkait itu maka kita akan kembangkan desa selfie dengan cara pengenalan budaya untuk murid sekolah. Termasuk promosi Desa Selfie bagi ASN. Kita harapkan program ini bisa menjadi salah satu program awal kebangkitan perekonomian di Kab.Bandung, karena dengan adanya wisata UMKM dan kearifan lokal akan bangkit," pungkasnya. (wan)


Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..