Budidaya Lebah Madu, Peluang Bisnis Yang Sangat Menguntungkan

  • Redaktur by Wawan Kamis, 14 Mar 2019, 13:49

JAVANEWS.TV | BANDUNG, -

Bisnis budidaya lebah madu menjadi bisnis yang sangat menarik untuk dijalankan. Terlebih bisnis ini memiliki sisi ekonomis yang sangat menguntungkan.

Tidak heran banyak masyarakat yang sangat tertarik untuk mempelajari bisnis yang satu ini. Seperti halnya yang dilakukan oleh kelompok tani dari wilayah Cianjur, Rabu (13/3/2019).

Para kelompok tani yang difasilitasi oleh Pusat pelatihan masyarakat dan pengembangan generasi lingkungan kementrian lingkungan hidup dan kehutanan badan penyuluhan dan pengembangan sdm ini mendapat kesempatan untuk mempelajari budidaya ternak lebah madu di peternakan lebah madu Assyifa Ciburial Kabupaten Bandung.

Para peserta yang berjumlah sekitar 40 orang tersebut sangat antusias mempelajari tekhnik budidaya lebah madu disana.

Seperti halnya yang diungkapkan Ajun salah seorang peserta pelatihan budidaya lebah madu. Pihaknya sangat mengapresiasi pelatihan ini sehingga bisa mengembangkan budidaya lebah madu dengan baik di daerahnya.

"Kami bermaksud mengembangkan wisata edukatif budidaya lebah madu di wilayah cianjur. Disini kami mendapatkan ilmu secara teori maupun praktek. Dengan pelatihan ini kita berharap bisa mengembangkan budidaya lebah madu didaerah kami dengan baik dan benar," katanya.

Hal senada pun diungkapkan Sigit perwakilan Pusat pelatihan masyarakat dan pengembangan generasi lingkungan kementrian lingkungan hidup dan kehutanan badan penyuluhan dan pengembangan sdm. Diungkapkannya, pelatihan ini merupakan upaya pemerintah untuk mengembangkan potensi potensi yang dimiliki masyarakat. Sehingga kedepan masyarakat pun bisa menggali potensi ekonomi di daerahnya masih masing dan mengembangkan budidaya lebah madu. 

"Ini dalam rangka memberikan wawasan dan edukasi kepada mereka, sehingga masyarakat pun bisa lebih mengembangkan potensinya," katanya.

Sementara itu Dadan Ramdani Pengusaha Budidaya Lebah Madu Assyifa mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan pelatihan dari Pusat pelatihan masyarakat dan pengembangan generasi lingkungan kementrian lingkungan hidup dan kehutanan badan penyuluhan dan pengembangan sdm. Terlebih saat ini budidaya lebah madu menjadi trend ekonomi masyarakat.

"Selama ini banyak masyarakat yang mempelajari budidaya lebah madu. Karena bisnis lebah madu ini sangat menguntungkan," katanya.

Keuntungan budidaya lebah madu memang cukup besar, lanjutnya. Dalam satu box ternak lebah madu itu bisa menghasilkan 3 sampai 5 kg per panen (2-3 bulan). Sementara harga jual madu bisa dikisaran Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu perkilogram nya. Itupun tergantung kwalitas madu yang dihasilkan.

"Budidaya lebah madu itu sangat menguntungkan dan tidak cape. Biarkan lebah yang bekerja untuk kita. Kalau rata rata satu box dapat 1 kg dengan harga Rp 150.000, tinggal dikalikan saja berapa box yang dimiliki. Kalau seratus box saja penghasilan minimal bisa mencapai Rp 15 juta," katanya. (wan)

javanews.tv

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..