Dorong Kedaulatan Pangan Rakyat ICMI Jabar Tanam 1000 Pohon Buah

  • Redaktur by Wawan Minggu, 29 Nov 2020, 10:11

JAVANEWS.TV | BANDUNG,- Dampak dari Covid 19  yang merebak dan menjadi global di tahun 2020, banyak masyarakat yang kekurangan pangan, bahkan mereka banyak yang di PHK, dan kehilangan  mata pencaharian. 
Oleh karena itu Ikatan Cendikiawan Muslim Se – Indonesia Orwil Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bandung dan Masyarakat, untuk berbuat bagi kepentingan masyarakat dalam rangka meningkatkan Kedaulatan Pangan Rakyat, dengan Gerakan Menanam 1000 Pohon berbagai jenis buah-buahan.

Acara dihadiri Ny. Siti Muntamah Oded (Ummi) selaku Ketua PKK Kota Bandung Dan Sektor 22 Citarum Harum Kol.Inf. Eppy Gustawan, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Ir. Gin Gin Ginanjar,M.Eng, Muspika Kecamatan Ujungberung, Muspika Kecamatan Cibiru. Dari ICMI Ofwil Jabar hadif anra lain Dr.H.Encup,M.Si , Dr. H. Rajaminsyah,SH., M.MPd., Hj. Neneng Athiulatul Faiziyah, Ibu Hj.Murniati ,Dr.Hj.Riva serta jajaran pengurus lainnya, serta dari berbagai Komunitas Penggiat Lingkungan di yang dikomandani Mas Waluyo ( Kang Yoyok) .



Ketua ICMI Orwil Jabar Prof.Dr.H.M Najib.,M.Ag. didampingi Sekretaris Dr.H.Ujang Saepulah,M.Si, mengatakan bahwa kegiatan ICMI menanam sebelumnya telah dilaksanakan di Kawasan Bendungan Jatigede Kabupaten Sumedang dengan menanam 500 Pohon Mangga. Untuk di kawasan Sein Farm Kota Bandung di alokasikan sebanyak 1000 pohon.

Berbagai macam buah-buahan terdiri dari : Pisang Cavendish 60 pohon, Manggis 50 , Kawung 60 , Duren Montong 70, Duren Basuir70, Alpukat 70, Buah Harum Manis 50, Jeruk Nipis 60,Jeruk Lemo 60, Jeruk Dekopon 60,Kelapa hiybrida 60,Buah Mangga Gedong Gincu 50, Buang Mangga Cengkir 50, Buah Mangga Manalagi50, Duet 30, Pete 30 , Jambu Yamaik 30, Jambu Mede 30, Jambu Kristal 30, dan Jengkol 30 pohon.

"Dengan dilaksanakannya Gerakan menanam 1000 pohon buah-buahan ini diharapkan dapat dipelihara dan nantinya diharapkan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang membutuhkan, oleh karena itu kami menitipkan supaya Tanaman Pohon Buah-buahan ini dapat dilaksanakan pemeliharaannya oleh masyarakat setempat supaya dapat terawat dengan baik. Karena kami menyadari bahwa untuk menanamnya sangat mudah dan sangat murah tapi untuk pemeliharaan yang yang diperlukan ketelatenan dan tentunya biayanya cukup mahal," tegas Najib pada acara “ Gerakan Menanam Pohon Untuk Kedaulatan Rakyat ” dikawasan Sein Farm milik Pemerintah Kota Bandung, Sabtu (28/11/2020).


Sementara itu Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Ir.H.Gin Gin Ginanjar.,M.Eng menyampaikan ucapan terima kasih dan sangat mengapresiasi dengan dipilihnya kawasan Sein Farm Kota Bandung oleh ICMI Jawa Barat yang bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Nasional 2020 .

"Dan Alhamduillah tanaman yang dikirim oleh ICMI Jabar sebanyak 1000 pohon sudah kami tanam sejumlah 574 Pohon, dengan lokasi penanaman sesuai dengan cluster jenis buah-buahan hal ini dalam rangka untuk memudahkan perawatan dan memanennya nanti," tegas Gin Gin.

Menurutnya, sebetulnya ini media pembelajaran, yang mau belajar dan bertani, bercocok tanam bisa di sini.

Baca Juga:

Cegah Penyebaran Covid-19, ICMI Jabar Gelar Penyemprotan Disinfektan di Mesjid-mesjid Sekitar Cimahi Dan KBB

Luncurkan IJP, ICMI Jabar Kembangkan Program Khusus Berbasis Digital

"Nanti dilakukan pendampingan, kalau ada benih yang bisa dikembangkan selama komunitas mau bisa (dikasih),” katanya. 

Kawasan ini mengusung konsep pertanian terpadu yang mengacu pada program buruan sehat, alami, ekonomis.(sae).

“Budidaya pertanian selama ini mengandalkan padi, kita kombinasikan berbagai pangan, ternak, ikan dan hidroponik. Prinsipnya optimalisasi pemanfaatan lahan pangan, biasa digunakan satu jenis dan penggunaan air menggunakan hujan. Sekarang efisien (air). Bisa dari hasil ikan atau hidroponik,” tegasnya pada acara penyambutan Rombongan ICMI Orwil Jabar.

Dikatakannya, untuk budidaya ikan lele menggunakan media bioflok. Masing-masing bioflok memiliki diameter 2,5 meter serta tinggi 120 cm dengan kedalaman air disesuaikan dengan ukuran lele yang dibudidayakan.

“Kita tanami 1.000 sampai 1.500 lele ukuran 7×9 cm (tiap bioflok). Nanti besar dilakukan pemilahan bergantung kapasitas,” tuturnya.

Adapun sistem pengairan di kawasan pertanian terpadu, kata Gin Gin, berasal dari sumber air utama yang mengalir ke kolam bioflock. Selanjutnya, air yang sudah ditampung beberapa hari itu akan dialirkan ke sawah untuk padi.

Sementara itu Ny. Siti Muntamah Oded (Ummi) selaku Ketua PKK Kota Bandung yang hadir dan sekaligus membuka secara resmi penanaman 1000 pohon buah-buahan yang dilaksanakan ICMI Orwil Jabar. Antara lain mengatakan PKK Kota Bandung berqandengan dengan program Kegatan Dispangtan Koa Bandung dengan Program kegiagtan Buruan Sae yaitu memanfaatkan halaman rumah yang sehat alami ekonomi .

"Halaman rumah itu selain untuk dipecantik dan diperindah juga untuk dijadikan tempat saja budidaya ikan,hewan dan sayur mayur," katanya.

Dikatakannya, rumah pendopo kota Bandung pun sedang di kembangkan juga dari programnya pak wali, ternyata Alhamdulillah sudah mulai di rasakan manfaatnya oleh sebagain besar masyarakat .

"Dan saat ini sedang mengikuti program buruan Sae untuk mampu memenuhi kebutuhan keluarga, program ini juga Alhamdulillah dapat memenuhi kebutuhan akan telor untuk kebutuhan dan mengisi kegiatan di Pendopo Kota Bandung sudah setiap 2 kali sehari sudah kita laksanakan makan telur putih telur bagi Pegawai di lingkungan Pendopo Kota Bandung, kurang lebih 80 buah telur," katanya. (wan)

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..