Darul Hikam Olympic Games Pembelajaran Efektif Isi Liburan Sekolah

  • Redaktur by rahmat Senin, 04 Jan 2021, 14:00

Foto: Bisnis.com

JAVANEWS.TV I BANDUNG,- SMP Darul Hikam Bandung melaksanakan kegiatan Darul Hikam Olympic Games secara online untuk mengisi kegiatan siswa selama libur sekolah. 

Wakil Kepala Sekolah Kurikulum SMP Darul Hikam, Yudianto menjelaskan kegiatan yang berlangsung selama sepekan ini dilakukan sebagai persiapan pendidikan jarak jauh (PJJ) selama libur semester. Kegiatan ini juga sesuai dengan kebijakan dari Yayasan Darul Hikam.


"Jadi sekitar 407 siswa dari 16 kelas lewat wali kelas akan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti perlombaan daring ini,"katanya kepada wartawan di Bandung, Senin (4/1/2021)

Adapun beberapa kegiatannya meliputi musabaqah Quran untuk menguatkan kembali tentang pembacaan Al-Qur'an nya yang diikuti oleh kelas VII-IX.

Kemudian ada lomba flash moob yang diperlombakan antar kelas via online sehingga dinilai kekompakan pada penampilan kelas tersebut.

"Ada juga lomba membuat masker tujuannya mendukung hidup sehat. Dilihat dari inovasi para siswa bisa memperlihatkan bahwa masker masih tampak modis,"ungkapnya

Selain itu, lomba menyanyi dengan pilihan lagu yang anak suka dan battle of brain dengan menggunakan aplikasi khusus dan melibatkan guru.

Disinggung hasil evaluasi PJJ, sebelumnya pihaknya melakukan survei kepada orang tua yang hasilnya mereka tidak emrasa keberatan dengan pola pembelajaran online ini.

Dia mengaku mengalami sedikit kendala jaringan internet bagi pelajar yang berada di daerah.

"Lebih banyak jawaban ortu dan siswa kendala jaringan, stabil atau tidak. Kebanyakan di luar kota,"imbuhnya

Secara keseluruhan PJJ Darul Hikam disebut home learning artinya memindahkan lingkungan sekolah ke rumah dengan melibatkan ortu.
Baca Juga:

Ini Dia Lima Cara Efektif Atasi Stres dalam Hidup

Puluhan Siswa Baru SMA Darul Hikam Ikuti Camp Al-Quran


"Sebelum program ini digulirkan kita sudah menghubungi ortu lewat komite sekolah sedangkan pendampingannya dilakukan oleh pihak sekolah,"jelasnya

"Alhamdulillah proses home learning Darul Hikam berjalan, artinya tidak ada anak-anak yang merasa jenuh,"tambahnya

Home learning ini mulai dari 6.46 - 13 WIB dengan materi pembentukan karakter, konten mata pebelajaran dan ada pembiasan kedisiplinan dari Senin-Jumat

"Dari hasil survei anak terbiasa dengan proses itu. Bahkan guru kita membuat tutorial pembelajaran home learning,"ujarnya

"Diharapkan kegiatan pekan ini bagi kami emmeprsiapkan pelajar tetap semangat karena selama pandemi karena kendala statusnya anak di rumah. Adanya kegiatan ini merasa termotivasi akan kompetisi yang positif dan ketika belajar seperti biasa mereka akan siap,"jelasnya

Adapun, Kepala Sekolah SMP Darul Hikam, Luqman Amin menambahkan pihaknya sudah memiliki target tertentu dalam satu tahun. Dia menilai waktu seminggu tersebut dinilai efektif digunakan proses belajar.

Menurutnya kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun karena pandemi maka dilakukan secara virtual.

Dia menilai berdasarkan hasil penelitian beberapa lembaga dinyatakan dengan adanya kegiatan tersebut maka peserta didik tidak akan mengalami stres.

Untuk itu, pihaknya meminta agar para guru tetap kreatif dalam menjalankan program tersebut.

"Kita juga ingin ada diskusi dengan orang tua Agar proses pembelajaran ini berjalan lancar,"pungkasnya


Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..