Miris! Hanya 9 Persen Penderita Gangguan Jiwa Terobati Secara Medis

  • Redaktur by rahmat Senin, 11 Jan 2021, 10:00

Foto: net

JAVANEWS.TV I BANDUNG,-Kementerian Kesehatan RI mencatat sebelum pandemi Covid-19 jumlah penderita gangguan mental emosional di Indonesia mencapai 6,1 % atau 11.315.500 orang pada 2018. Namun, yang diobati secara medik hanya 9% atau 91% tidak terobati.

Dokter Spesialis Kejiwaan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Teddy Hidayatdr SpKJ (K) menjelaskan setelah 5 bulan pandemi survey PDS KJI mendapatkan angka gejala cemas 65%, depresi 62% dan PPSD 75%.

"Sedangkan survey Unpad setelah ,6 bulan pandemi mendapatkan gejala depresi 40% stres akut dan PPSD flashback 35,51% dan aboiden 34,21%,"katanya kepada wartawan, Senin (11/1/2020)

Teddy menyebutkan Covid 19 telah menimbulkan banyak ancaman seperti kesehatan sosial ekonomi dan ketidakstabilan.

"Penyakit ini datang ketika kondisi kesehatan jiwa sedang kurang menguntungkan dan membuat menjadi semakin parah,"ungkapnya

Menanggapi kondisi tersebut, pihaknya menggelar Workshop Kesehatan jiwa saat pandemi covid-19 dengan tema good "Mental for Health atau Sehat Jiwa untuk Semua".

Baca Juga:

Tersangka Penyerangan Sopir Bus hingga Tewaskan 12 Orang di Tol Cipali Alami Gangguan Jiwa

Ini 6 Cara Hindari Munculnya Gangguan Pencernaan Ketika Lebaran

Adapun nara sumber workshop terdiri dari para ahli kelas dunia seperti wordpsycetric assotiations dan WHO. 

"Lebih dari 10 negara berlangsung selama 1 bulan mulai 11 Januari sampai 11 Februari 2021,"tambahnya

Workshop diselenggarakan dalam rangka pengabdian meningkatkan keterampilan tenaga kesehatan dalam mengatasi Kesehatan jiwa masa pandemi Covid-19.


Dalam workshop ini akan dibahas berbagai isu strategis di bidang kesehatan jiwa. Sedangkan akreditasi didapat dari Ikatan Dokter Indonesia dan Ikatan Psikologi Klinik Indonesia.

Teddy menambahkan, workshop ini dinilai penting karena menghadirkan nara sumber kelas dunia, pesertanya akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan, dibahas materi baru yang dibutuhkan, menggunakan format online sehingga ke depannya lebih luas dengan biaya lebih murah dan membuka peluang untuk kolaborasi.

"The Power merupakan prakarsa pemerintah provinsi Jawa Barat diharapkan menjadi jawaban terhadap permasalahan yang ada dan menjadi media peningkatan kompetensi yang membawa cakrawala baru di bidang kesehatan jiwa,"pungkasnya

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..