Waspada! Hacker Ancam Pengguna Telegram

  • Redaktur by rahmat Kamis, 04 Feb 2021, 17:00

Foto: net

JAVANEWS.TV I BANDUNG,- Aplikasi messaging asal Rusia Telegram, beberapa waktu lalu merilis fitur People Nearby. Ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna chatting dengan orang atau bergabung di grup di sekitar lokasi pengguna.


Selain memperlihatkan nama dan gambar profil mereka, fitur People Nearby di Telegram juga mengungkap seberapa jauh orang atau lawan bicara itu berada dengan jarak yang cukup akurat.

Saking akuratnya, peneliti keamanan siber khawatir fitur baru di Telegram itu rentan disalahgunakan oleh hacker, scammer, dan penjahat siber lainnya.

Mengutip laporan pemburu bug, Ahmed Hassan yang dikutip Android Police via Tekno Liputan6.com, hacker bisa mengetahui lokasi pengguna Telegram tanpa diketahui korbannya hanya dengan lewat fitur People Nearby.

Walau fitur ini dinonaktifkan secara default oleh Telegram, Hassan mengatakan, "pengguna yang mengaktifkan fitur ini tanpa sadar berpotensi mengungkap lokasi mereka berada secara akurat."
Baca Juga:

Kapolri Cabut Telegram Larangan Media

Tips Jaga Keamanan Akun WhatsApp dari Hacker


Untuk mengetahui lokasi pengguna Telegram dengan tepat, pelaku kejahatan dapat men-spoof (memalsukan) tiga titik koordinat memakai aplikasi Fake GPS dengan radius 11km dari target.

Pelaku bisa mengetahui posisinya semakin dekat atau jauh dengan lokasi korban dari ketiga titik lokasi palsu GPS tersebut.

Walau masih sulit diketahui seberapa besar kerentanan ini telah dieksploitasi, bukan hal yang tak mungkin cara ini sudah digunakan oleh scammer atau penjahat kriminal lainnya untuk berbuat jahat.

Mendapati laporan tersebut, perusahaan mengatakan tidak menganggap masalah tersebut sebagai bug, dan menolak laporan keamanan dari Hassan.

"Pengguna di bagian People Nearby dengan sengaja membagikan lokasi mereka, dan fitur ini dinonaktifkan secara default," adalah tanggapan Telegram.

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..