Emil Resmikan Jembatan Cibuni Sukabumi

Dorong Pembangunan Melalui Konsep Penugasan BUMD
  • Redaktur by Wawan Rabu, 24 Mar 2021, 17:06

Gubernur Jawa Barat meresmikan Jembatan Cibuni, di Kecamatan Cibuni, Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/3/2021).

JAVANEWS.TV | SUKABUMI,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan pembukaan jembatan Cibuni yang menghubungkan kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Hal tersebutpun seiring dengan optimalisasi program pemprov jabar yang menginisiasi konsep pembangunan melalui BUMD. 

"Ini konsep baru, konsepnya penugasan BUMD. Ini seperti presiden Jokowi menugaskan Adi Karya, tapi ini levelnya ditingkat provinsi, jadi BUMD nanti yang akan bergerak," jelas Ridwan Kamil disela acara pembukaan jembatan Cibuni, Kecamatan Cidadap, Kab.Sukabumi, Rabu (24/3/2021).

Diungkapkannya, pembangunan dengan konsep penugasan BUMD ini merupakan inovasi baru yang tidak mengandalkan anggaran apbd. Selain itu pembangunan dengan konsep ini pun bisa dikerjasamakan dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah kabupaten kota di Jabar.

"Kita ada pola pembangunan melalui penugasan BUMD. Jadi bisa membangun rumah sakit melalui bumd, nanti dikonsepkan membangun jalan, bangun sekolah itu bisa dengan konsep penugasan BUMD. Mudah mudahan tawaran ini direspon oleh cianjur dan sukabumi karena siapa yang cepat bisa segera difasilitasi," jelas gubernur Jabar yang akrab disapa Emil ini.

Lebih lanjut Emil mengatakan, konsep pembangunan tersebut sebetulnya sudah mendapat apresiasi oleh beberapa pemda di jabar. Sehingga pihaknya terus mendorong hal tersebut terlebih pembangunan di Jabar memang perlu percepatan.

Baca Juga:

Soal Kasus Eiger, Netizen Sindir Postingan Ridwan Kamil

Hadapi Revolusi Industri, Ridwan Kamil : Pramuka Harus...

"Seperti di bidang kesehatan. untuk kesehatan kita butuh minimal  25 RSUD baru, kalau ada lahan silahkan ajukan segera. Kami ada program pembangunan rumah sakit melalui BUMD, yaitu PT Jasa Sarana. Dananya bukan dari apbd, jatahnya ada 20 untuk lahan yang sudah siap. Karawang dan Sumedang sudah ngambil. Bahkan tahun ini akan ground breaking 2 rumah sakit," ungkapnya. 

Terkait pembukaan jembatan Cibuni Emil mengatakan pembiayaan pembangunan tersebut merupakan bantuan provinsi senilai Rp 60 miliar. Pihaknya berharap jembatan Cibuni yang menghubungkan Sukabumi dan Cianjur tersebut bisa mendorong potensi ekonomi masyarakat yang ada di sekitarnya.

"Mudah mudahan produktifitas warga, pergerakan manusia dan barang lebih cepat. Dan promosi pariwisata lebih lancar. Apalagi daerah ini ada air panas yang bisa dijadikan objek wisata. Sehingga nanti untuk jembatan lama akan kita jadikan cafe unik yang ada di indonesia yaitu cafe diatas jembatan," jelasnya.


Sementara itu Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, jembatan Cibuni ini menghubungkan 2 kabupaten, yaitu Sukabumi dan Cianjur. Sehingga dengan selesainya pembangunan jembatan Cibuni maka hal tersebut bisa mendorong kesejahteraan masyarakat di kedua wilayah tersebut.

"Tentunya dengan adanya jembatan Cibuni yang baru ini maka potensi sumber daya bisa terdorong, karena pergerakan orang dan barang menjadi lebih cepat. Sehingga hal itu pun bisa mendorong kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..