LKP Karya Duta Bandung Jadi Percontohan LKP Penyelenggara Program PKW

  • Redaktur by Wawan Jumat, 02 Apr 2021, 17:26

Pengimbasan Praktek baik Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha di LKP Karya Duta Bandung Jln.Pahlawan No.28 Bandung

JAVANEWS.TV | BANDUNG,-  Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Karya Duta Education menjadi LKP percontohan Dirjen Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam pelaksanaan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) di Jawa Barat. Hal itu seiring dengan dilaksanakannya kegiatan Pengimbasan Praktek baik Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha di LKP Karya Duta Bandung Jln.Pahlawan No.28 Bandung, Jumat (2/4/2021). 

Kegiatan tersebut pun dihadiri oleh berbagai LKP di Jawa Barat khususnya yang ada di wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, serta Kabupaten Bandung Barat. Dalam kegiatan tersebut Pimpinan LKP Karya Duta Education Bandung Zoelkifli M.Adam berbagi ilmu (pembekalan) dengan para pemilik LKP terkait pelaksanaan program PKW Dirjen Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan harapan program tersebut bisa berjalan dengan baik dan dijalankan LKP dengan benar.

Dalam kegiatan tersebut Dadang Sudarmanto Koordinator Pokja Kelembagaan Direktorat Khusus dan Pelatihan Dirjen Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengatakan, Program PKW merupakan salah satu program pemerintah pusat dalam mengentaskan kemiskinan dan pengangguran.

"Program PKW itu memberikan kompetensi kepada masyarakat yang belum memiliki pekerjaan, sehingga mereka bisa berusaha dan memiliki kompetensi yang baik," jelas Dadang disela kegiatan Pengimbasan Pengimbasan Praktek baik Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha di LKP Karya Duta Bandung.

Diungkapkannya, pada tahun 2020 lalu ada sekitar 16.767 warga yang telah mendapatkan bantuan pada program PKW ini melalui lembaga kursus dan pelatihan yang ditunjuk.

"Ada sekitar 915 LKP tahun 2020 yang telah menyelenggarakan program PKW ini. Dan untuk tahun 2021 pun sama ada sekitar 16.767 peserta yang bisa mengikuti program ini, kita harapkan ini bisa dijalankan dengan sebaik baiknya dalam mengentaskan pengangguran dan meningkatkan ekonomi masyarakat," jelasnya. 


Disinggung dengan Pengimbasan Praktek Baik Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha di LKP Karya Duta Bandung Jln.Pahlawan No.28 Bandung, Dadang pun mengatakan, LKP Karya Duta Bandung menjadi salah satu LKP yang terbaik dalam pelaksanaan program PKW. Dimana LKP Karya Duta Bandung bisa menyerap para peserta PKW dalam dunia usaha dan kewirausahaan. Bahkan LKP Karya Duta pun bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam pelaksanaan program PKW.

"Ini bagus, dimana nanti program PKW bisa diaplikasikan pemerintah daerah. Kita harapkan pola seperti inilah yang bisa dikembangkan LKP lainnya dalam pelaksanaan program PKW," jelasnya.

Terkait itu Pimpinan LKP Karya Duta Education Bandung Zoelkifli M.Adam mengatakan, LKP Karya Duta ditunjuk oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menyelenggarakan kegiatan Pengimbasan PKW. Dimana dalam kegiatan tersebut pihaknya diarahkan untuk memberikan pengetahuan dan pembekalan terkait mekanisme pelaksanaan pkw yang sesuai dengan pedoman.

"Jadi disini kami sharing dengan teman teman LKP lainnya, terkait dengan pelaksanakaan yang diharapkan pemerintah. Harapannya dalam pelaksanaannya rekan rekan bisa sesuai dengan pedoman dan juknis. Tentunya program PKW ini manfaatnya sangat luarbiasa dalam penanganan pengangguran dan kemiskinan. Termasuk menciptakan wirausaha baru di seluruh pelosok tanah air," pungkasnya. (wan)

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..